KPU Lampura Serahkan APK ke Parpol

KPU Lampung Utara menyerahkan alat peraga kampanye (APK) kepada peserta pemilu tahun 2019, yang difasilitasi KPU.

KPU Lampura Serahkan APK ke Parpol
Tribunlampung/Anung
KPU Lampura serahkan APK ke Parpol 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - KPU Lampung Utara menyerahkan alat peraga kampanye (APK) kepada peserta pemilu tahun 2019, yang difasilitasi KPU, Kamis (22/11).

Ketua KPU Lampung Utara Marthon mengatakan hari ini diserahkan alat peraga kampanye. Jika melihat tahapan molor jadwalnya, pertama mengenai desain dari parpol terlambat.

Kendala juga pagu anggaran pencetakan sangat terbatas, karena itu direvisi. “Revisi prosesnya harus melalui persetujuan KPU RI,” jelasnya.

Baca: Sah, Tommy Soeharto Sandang Gelar Adat Pepadun Yang Mulia Datuan Bangsawan Mulia

Alat peraga ini, hanya memfasilitasi pembuatannya. Ada 10 baleho dan 16 parpol untuk partai politik. Masing-masing calon DPD mendapat 10 spanduk.

Setelah diserahkan, dapat dipasang yang sudah disepakati sesuai zona. Dirinya mengimbau kepada seluruhnya memasang dapat memperhatikannya sesuai peraturan.

“Jangan juga melanggar seperti memasang di tanah milik warga, yang belum meminta izin,” jelasnya diamini oleh Istidiani Kasubbag Umum, Sekretariat KPU Lampung Utara.

Baca: KPU Lamsel Sudah Bagikan APK Peserta Pemilu

Kemudian Ia juga meminta kepada partai politik memberikan pendidikan politik kepada warga. Dari pantauan dirinya, dalam tahapan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden di kabupaten Lampung Utara situasi dan kondisinya kondusif. Namun di media sosial, memang adanya perbedaan pendapat. “Soal pilihan itu hak,” ujarnya.

Kiay Ukum sapaan akrab Istidiani mengatakan ukuran 1x4 meter untuk spanduk, 2x3 meter untuk baleho. Pemasangan diserahkan kepada partai, sesuai dengan zona yang telah ditentukan. “Partai ataupun calon anggota legislatif boleh menambah APK

Kompol Nelson Kabag Operasional Polres Lampung Utara mengatakan di Lampung Utara, pihaknya siap mengamankan jalannya pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Pelaksanaan pemilihan hendaknya dilakukan dengan gembira. Harapannya, seluruh masyarakat terutama pendukung calon, dapat melaksanakan dengan gembira.
Perkembangan geliat pesta demokrasi di Lampung Utara masih kondusif. Kriminal juga masih kondusif.

“Menjelang pemilu situasi benar-benar kondusif, masyarakat dapat memberikan hak pilihnya dengan tenang, sehingga menghasilkan calon yang sesuai pilihan masyarakat,” jelasnya seraya berharap dapat berjalan aman, lancar dan gembira pelaksanaan pada 17 April 2019.

Penyerahan alat peraga kampanye dilakukan secara simbolis di hotel graha wisata Abung Selatan, Lampung Utara.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved