Tribun Lampung Barat

Peningkatan Kapabilitas PPID Pemkab Lambar laksanakan Bimtek

Pemberlakuan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (UU KIP) pada 30 april 2010

Peningkatan Kapabilitas PPID Pemkab Lambar laksanakan Bimtek
Istimewa
Pembukaan Bimtek PPID di Aula Kagungan pada Hari Kamis (22/11). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID LAMPUNG BARAT - Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Kominfo menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (Bimtek PPID) pada 22-23 November dan dibuka langsung oleh Assisten Bidang Administrasi umum Ir. Noviardi Kuswan.

Kegiatan ini sekaligus menyambutan tim Verifikasi Peningkatan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Provinsi Lampung selaku narasumber pada Bimtek ini, selain Bimtek utuk PPID juga dilakukan Self Assesment Question (SAQ) terkait dokumen isian Keterbukaan Informasi Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Terkait hal tersebut, Noviardi menyampaikan bahwa " Pemberlakuan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (UU KIP) pada 30 april 2010 merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi di indonesia, khususnya di Kabupaten Lampung Barat", tandasnya saat membuka Bimtek PPID di Aula Kagungan pada Hari Kamis (22/11).

Selanjutnya, dalam melaksanakan pelayanan informasi, kita harus mempedomani 5 (lima) azas, yaitu asas transparansi bersifat terbuka, asas akuntabilitas, asas kondisional , asas partisipatif dan asas kesamaan hak tidak diskriminatif.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan keterbukaan informasi, masyarakat menjadi lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan.

Inilah yang menjadi dasar bahwa pejabat pengelola informasi dan dokumentasi harus mampu untuk menyediakan informasi yang diminta oleh masyarakat.

Terakhir, dalam pelaksanaannya, PPID diwajibkan untuk mengklasifikasian dan mengelompokkan informasi informasi tersebut.

PPID diwajibkan untuk menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi, baik itu informasi yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang diumumkan secara merata, maupun informasi yang wajib tersedia setiap saat, tutupnya.

Ketua Pelaksana Bimtek PPID Ronggur, S. IP., MM mengatakan bahwa "kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM dibidang pengelolaan informasi dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas PPID di lingkungan Pemkab Lambar", ungkapnya.

Turut hadir Kepala opd, dan peserta yang merupakan Sekretaris dinas dan camat se-Kabupaten Lampung Barat

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved