Tribun Metro

DPRD Tolak Anggaran Rp 16 M untuk Proyek Lanjutan GSG Bumi Sai Wawai

Komisi I DPRD Metro menolak usulan anggaran lanjutan pembangunan GSG Bumi Sai Wawai pada 2019 senilai Rp 16 miliar, sebelum adanya hasil audit BPK

DPRD Tolak Anggaran Rp 16 M untuk Proyek Lanjutan GSG Bumi Sai Wawai
tribun lampung/indra simanjuntak
Pairin dan Djohan saat meninjau pembangunan GSG Sai Wawai 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi I DPRD Metro menolak usulan anggaran lanjutan pembangunan GSG Bumi Sai Wawai pada 2019 senilai Rp 16 miliar, sebelum adanya hasil audit BPK atas dana yang digunakan pada 2018 senilai Rp 26 Miliar.

Wakil Ketua Komisi I Nasrianto Effendi mengatakan, untuk pembangunan GSG Bumi Sai Wawai direncanakan selama dua tahun anggaran 2018 dan 2019 dengan estimasi Rp 42 Miliar. Yakni pada 2018 senilai Rp 26 Miliar dan 2019 usulan tambahan senilai Rp 16 Miliar.

"Kita menolak sebelum ada rekomendasi hasil audit oleh BPK anggaran yang sekarang sedang berjalan pembangunannya," ujarnya seraya mengaku penolakan tambahan anggaran disampikan dalam rapat Badan Anggaran dan seluruh Ketua Komisi dan Fraksi beberapa hari lalu.

Baca: Pembangunan GSG Sai Wawai Rampung 80 Persen

Menurutnya, dengan menghabiskan dana hingga Rp 42 Miliar untuk pembangunan GSG Bumi Sai Wawai, merupakan anggaran yang paling besar dan tertinggi yang pernah digunakan Kota Metro untuk membangun satu gedung.

"Makanya kita harus melihat dulu hasil audit BPK secara menyeluruh, jika akan meminta tambahan anggaran lagi. Biar BPK yang menilai dan menentukan tambahan anggarannya. Apakah masih perlu ditambah sebesar Rp 16 Miliar, biar BPK yang menentukannya," bebernya.

Pihaknya juga mempertanyakan apakah pembangunan yang sedang dilaksanakan menelan senilai Rp 26 Miliar anggaran tersebut bisa terlaksana hingga akhir Desember, sesuai perencanaan dan target yang ditetapkan.

"Dan selesaikan dulu juga pembanguanan yang telah dianggarakan senilai Rp 26 Miliar itu. Baru nanti dievaluasi BPK. Setelah itu bagaimana hasil evaluasi baru anggaran lanjutannya dibahas," tandasnya.

Baca: Tinjauan Komisi I DPRD Metro, Progres GSG Bumi Sai Wawai 38 Persen

Wali Kota Achmad Pairin mewanti-wanti proses pembangunan GSG Bumi Sai Wawai selesai tepat waktu. Dimana pihaknya menargetkan selesai pada 15 Desember.

"Kami terus rutin meninjau, supaya betul-betul terlaksana dengan baik. Nah, setelah pembangunan GSG Bumi Sai Wawai selesai sesuai waktu yang ditentukan, maka akan dilihat kelayakannya. Baru setelah itu, akan dibahas terkait pembangunan tahap kedua," ujarnya.

GSG Bumi Sai Wawai dibangun menggunakan APBD senilai Rp 26 Miliar lebih. Bangunan berdiri di atas lahan seluas 52x82 meter. Dimana pondasi pertama setinggi 60 cm dan pondasi kedua ditambah 1,4 cm. Adapun tinggi bangunan sekitar 18 meter. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved