Tribun Metro

Tekan Populasi, 50 Ekor Kucing Peliharaan Dikebiri

Sebanyak 50 kucing domestik peliharaan warga Metro dikebiri untuk menekan populasi kucing liar di wilayah setempat, Sabtu (24/11).

Tekan Populasi, 50 Ekor Kucing Peliharaan Dikebiri
Kucing muka dua 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO  - Sebanyak 50 kucing domestik peliharaan warga Metro dikebiri untuk menekan populasi kucing liar di wilayah setempat, Sabtu (24/11).
Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Pertanian (DKP3) Kota Metro Parjiya menjelaskan, kebiri masal tersebut digagas Pet Care Center (PCC) setempat untuk menekan populasi.

Dia mengandaikan, jika seekor kucing liar laki-laki dapat mengawini 10 kucing betina, maka otomatis tingkat populasinya adalah 50 anak kucing. Setidaknya, dengan dikebirinya 50 kucing dapat menekan jumlah kelahiran anak kucing liar di Metro.

Seekor Kucing Tampak Khusyuk Mendengar Ceramah Ustaz Abdul Somad di Ponsel, Videonya Viral!

"Dengan adanya kebiri massal ini, maka diharapkan populasi kucing liar bisa berkurang. Selain itu juga untuk mencegah tingginya kasus rabies pada kucing liar," ungkapnya.

Owner PCC Metro Mustika Hidayati mengatakan, pihaknya selama tujuh tahun selalu bekerjasama dengan pemerintah melalui dinas terkait dalam menangani masalah hewan peliharaan atau hewan liar.

Sebanyak 1.443 Ekor Hewan Penular Rabies di Kabupaten Tanggamus Sudah Mendapatkan Vaksinasi

Tak hanya kebiri masal, vaksin rabies gratis hingga penanggulangan masalah kucing juga kerap dilakukan. "Kami berharap, ke depan terus dapat bekerjasama dengan dinas terkait untuk menanggulangi masalah hewan di Metro," imbuhnya.

Sementara Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Lampung Ruri Astuti Wulandari menambahkan, pengendalian penyakit rabies salah satunya adalah dengan mengendalikan populasi. "Dengan adanya kebiri sangat penting," ungkapnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved