Tribun Bandar Lampung

Pembangunan Ditarget Awal 2019, Pasar Smep Tiga Lantai Akan Ditempati 600 Pedagang

Pemkot Bandar Lampung menargetkan pembangunan Pasar Smep akan berlangsung pada awal tahun 2019.

Pembangunan Ditarget Awal 2019, Pasar Smep Tiga Lantai Akan Ditempati 600 Pedagang
Tribun Lampung/Andreas Jatmiko
Kondisi Pasar Smep yang mangkrak. 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG EKA AHMAD SHOLICHIN

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemkot Bandar Lampung menargetkan pembangunan Pasar Smep akan berlangsung pada awal tahun 2019. Nantinya, sebanyak 600-an pedagang yang lama akan menempati bangunan baru pasar tersebut.

"Iya benar (rencana pembangunan Pasar Smep). Tunggu Januari (2019) nanti," kata Wali Kota Bandar Lampung Herman HN di sela-sela acara penyerahan bantuan sembako kepada warga kurang mampu di Gedung Wanita Bhakti/PKK, Jalan Majapahit, Kecamatan Enggal, Senin (26/11/2018) sore.

Herman menjelaskan, pengerjaan bangunan baru Pasar Smep akan melalui proses tender. Bangunan baru pasar yang berlokasi di kawasan Bambu Kuning itu nantinya sebanyak tiga lantai.

"Akan tender dulu, karena ada tiga lantai. Jadi, siapa (peserta tender) yang murah dan bagus (pengerjaannya). Tidak boleh termurah bener, tapi kerjanya nggak bagus," ujarnya seraya menambahkan, jumlah pedagang yang akan menempati bangunan baru Pasar Smep sekitar 600 orang.

Senada, Kepala Bidang Bina Pasar Dinas Perdagangan Bandar Lampung Farid Yanuza mengungkapkan, proyek bangunan baru Pasar Smep sudah masuk dalam perencanaan pembangunan tahun depan.

"Sebenarnya, sebelum muncul statement (pernyataan) Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) saat kunjungan ke Lampung kemarin (akhir pekan lalu), Pasar Smep memang sudah dalam perencanaan pembangunan untuk tahun 2019 nanti," kata Farid di ruang kerjanya, Senin.

Farid membenarkan soal jumlah pedagang yang akan menempati bangunan baru Pasar Smep setelah pembangunan selesai. Ia menjelaskan, jumlah pedagang yang akan menempati bangunan baru itu sudah berdasarkan pendataan di lapangan. Termasuk soal penempatan pedagang yang merujuk pada pendataan, yang melibatkan Himpunan Pedagang Pasar Smep.

"Sebelumnya, kami pernah mendata ke lapangan. Ada kurang lebih 500 pedagang, dan ini pedagang yang lama. Untuk pedagang yang baru, belum. Kami tuntaskan dulu yang pedagang lama," ujar Farid.

Dana dari APBD 2019

Halaman
123
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved