Tribun Bandar Lampung

Ratusan Pengemudi Grabcar Plus Berlatih Safety Riding

Aplikasi Grab Lampung menggelar Pelatihan Kilat Grabcar Plus dengan peserta pengemudi Grabcar Plus.

Ratusan Pengemudi Grabcar Plus Berlatih Safety Riding
Tribun Lampung/Eka Ahmad Sholichin
Ratusan pengemudi Grabcar Plus mengikuti Pelatihan Kilat Grabcar Plus di Hotel Marcopolo, Bandar Lampung, Selasa (27/11/2018). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG EKA AHMAD SHOLICHIN

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Aplikasi jasa transportasi Grab Lampung menggelar Pelatihan Kilat Grabcar Plus dengan peserta ratusan pengemudi Grabcar Plus di Hotel Marcopolo, Bandar Lampung, Selasa (27/11/2018).

Hadir beberapa pemateri, yaitu Kasubdit Kerma Ditbinmas Polda Lampung AKBP Abdul Haris Winsulami dan Aiptu Agung Prabowo dari Satlantas Polresta Bandar Lampung.

Aiptu Agung Prabowo menyampaikan pentingnya safety riding ketika berkendara di jalan. Ia menjelaskan, safety riding merupakan perilaku berkendara secara ideal dengan memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi si pengendara dan orang lain.

"Ini penting. Kenapa? Karena, volume kendaraan terus bertambah setiap minggu, setiap bulan, namun tidak berimbang dengan sarana dan prasarana. Safety riding adalah upaya untuk meningkatkan kedisiplinan saat berlalu lintas supaya aman," paparnya.

Sementara AKBP Abdul Haris Winsulami mengingatkan para pengemudi taksi online agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap orderan yang mencurigakan.

"Kalau ada penumpang dan ada barangnya, tidak berisiko. Tapi kalau hanya barangnya, itu yang bisa berbahaya karena kita tidak tahu pasti isinya," jelas Haris. "Solusinya, bisa komunikasikan dengan kepolisian. Sehingga ketika ada razia, kepolisian sudah tahu," imbuhnya.

Ketua Pelaksana Pelatihan Kilat Grabcar Plus Ghifari Syuhada mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan membekali para mitra pengemudi Grabcar Plus dengan edukasi di bidang keamanan dalam berkendara.

"Grabcar Plus adalah produk Grab, di mana driver-nya pilihan bintang lima. Harapannya, mereka dapat memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap penumpang," katanya.

Ghifari menjelaskan, Grabcar Plus terbagi menjadi dua, yaitu mitra elite dan mitra elite plus. Dua mitra ini, terang dia, memiliki performa terbaik tanpa pelanggaran kode etik. Perhitungan performanya berdasarkan jumlah orderan dan beberapa syarat lainnya.

"Untuk mitra elite, syaratnya minimal 100 orderan dalam 90 hari terakhir, mematuhi kode etik Grab, berada di zona hijau (tidak bandel), dan ratingnya minimal 4,7. Sedangkan mitra elite plus memenuhi keempat syarat di atas dan pendapatannya harus memenuhi minimal pendapatan (setiap kota berbeda-beda). Untuk di Lampung, Rp 3 juta per bulan," paparnya.

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved