Headline Koran Tribun Lampung

VIDEO CONTENT – Beli Gas 3 Kg Wajib Bawa KTP

Mulai awal 2019 nanti, pengguna gas melon harus mempersiapkan KTP untuk bisa membeli gas bersubsidi tersebut.

Laporan Videografer Tribun Lampung Okta Kusuma Jatha

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung turun tangan menertibkan penggunaan gas elpiji tabung 3 kilogram (kg) di Bumi Ruwa Jurai.

Mulai awal 2019 nanti, pengguna gas melon harus mempersiapkan KTP untuk bisa membeli gas bersubsidi tersebut.

Payung hukum penggunaan gas melon dirancang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Tata Niaga dan Pengawasan Pendistribusian LPG Tabung 3 Kg di Lampung.

Pergub ini menjadi terobosan baru untuk mencegah orang kaya dan pelaku usaha beromzet besar menggunakan gas melon.

Setelah Kuras Uang dan Emas Majikan, Komplotan Pembantu di Bekasi Foya-foya Beli Mobil dan Motor

Penelusuran Tribun awal bulan ini, gas 3 kg tak hanya bukan cuma digunakan masyarakat golongan miskin.

Melainkan juga dipakai orang kaya dan pengusaha elite. Bahkan, sosok selevel mantan direktur utama di sebuah perusahaan daerah dan dan manajer di perusahaan swasta bonafite, ikut pakai gas 3 kg di rumahnya untuk keperluan memasak sehari-hari.

Kabid Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Lampung, Jefry Aldi, mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahap sosialisasi rapergub tersebut.

Tujuan rapergub itu supaya distribusi elpiji 3 kg di daerah bisa lebih tertib, tepat sasaran, efektif, efisien, dan memenuhi aspek keselamatan lingkungan. Sekaligus menjadi solusi kelangkaan elpiji 3 kg yang selalu berulang.

"Rapergub ini sebagai upaya pemerintah daerah agar distribusi elpiji 3 kg ini benar-benar tepat sasaran. Karena kita tahu, selama ini masih banyak orang-orang yang tidak berhak menggunakan gas elpiji 3 kg. Di sinilah peran pengawasan kami," kata Jefry usai pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) di aula Dinas ESDM, Selasa, 27 November 2018. (*)

Apa komentar para warga mampu atas rencana ini? Simak laporan lengkapnya pada Koran Tribun Lampung edisi Rabu, 28 November 2018. (*)

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved