Tribun Pesawaran

Bupati Dendi Terima Penghargaan Desa Terbaik Tingkat Nasional

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menerima penghargaan desa terbaik tingkat nasional berdasarkan pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2018.

Bupati Dendi Terima Penghargaan Desa Terbaik Tingkat Nasional
Ist
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menerima penghargaan desa terbaik tingkat nasional berdasarkan pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan C

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menerima penghargaan desa terbaik tingkat nasional berdasarkan pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2018.

IDM tersebut untuk Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo menyerahkan langsung penghargaan tersebut, Kamis (29/11) malam di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Polisi Ringkus 5 Begal yang Bacok Tangan Mahasiswa hingga Putus, Satu Pelaku Ditembak

Tidak hanya itu, Kabupaten Pesawaran juga mendapatkan Penghargaan Desa Terbaik Kategori Sistem Padat Karya Tunai (PKT) Pengelolaan Dana Desa untuk Desa Mulyosari Kecamatan Way Ratai.

Oleh sebab itu lah, Dendi mengatakan, bahwa desa-desa perlu difasilitasi untuk memprioritaskan Dana Desa untuk kegiatan pembangunan desa, yang bersifat produktif dan berkelanjutan secara ekonomi.

Dendi mengungkapkan, pengembangan Indeks Desa Membangun (IDM) dijadikan tolak ukur untuk memperkuat pencapaian sebagai peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat desa itu sendiri. Meliputi ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan.

BREAKING NEWS: Polda Lampung Sita 21 Kg Narkoba yang Dikendalikan Jaringan di LP Cipinang

Sementara Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan.

Serta meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

"Ini adalah program arahan langsung dari Presiden RI, yang dilaksanakan untuk seluruh desa di Indonesia," katanya.

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved