Tribun Lampung Selatan

Nanang Ermanto Beri Bantuan Warga Korban Banjir di Lampung Selatan, Kerugian Capai Rp 1 Miliar Lebih

Plt bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meninjau lokasi banjir di Desa Rangai Tritunggal dan Tarahan, Kecamatan Katibung, pada sabtu (1/12/2018).

Nanang Ermanto Beri Bantuan Warga Korban Banjir di Lampung Selatan, Kerugian Capai Rp 1 Miliar Lebih
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
PLT Bupati lampung Selatan kunjungi dan beri bantuan warga korban banjir 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Plt bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meninjau lokasi banjir di Desa Rangai Tritunggal dan Tarahan, Kecamatan Katibung, pada sabtu (1/12/2018) siang.

Pada kesempatan itu, Nanang menyerahkan secara simbolik bantuan sembako bagi warga yang rumahnya terendam banjir.

Bantuan juga diberikan kepada warga di Desa Talang Baru, Kecamatan Sidomulyo, Lampung  Selatan yang pada Jumat kemarin juga rumahnya sempat terendam banjir.

Banjir Mulai Surut, Warga di Tarahan dan Rangai Tritunggal Mulai Kembali ke Rumah

Bantuan yang diberikan berupa 5 kilogram beras, 1 kg minyak goreng, 1 kg gula putih, 1 dus mie instan, dan 2 kilogram telur.

Nanang juga mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dengan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungannya, terutama membersihkan saluran-saluran air.

Sehingga saat hujan deras, aliran air tidak tersumbat dan menggenangi rumah warga.

“Kalau kita lihat salah satu penyebab luapan banjir ini karena aliran air tersumbat. Banyak sampah. Saya mengajak masyarakat kedepan untuk lebih mencintai lingkungan dengan bergotongroyong. Kalau lingkungan kita tidak bersih, kita juga yang merasakan dampaknya. Seperti banjir ini,” ujarnya.

BREAKING NEWS - Banjir di Lampung, Warga Korban Banjir Butuh Bantuan Air Bersih, Makanan, dan Tenda

Ia pun meminta kepada aparatur desa untuk berani membuat trobosan aturan terkait untuk menjaga kondisi lingkungan. Agar tidak lagi ada warga yang membuang sampah sembarangan.

“Mungkin desa bisa membuat aturan tentang larangan membuang sampah sembarangan. Sehingga sampah-sampah tidak lagi dibuang di saluran air atau sungai-sungai,” kata Nanang.

Sampai dengan kemarin jumlah kerugian akibat dari luapan banjir yang menggenangi ribuan rumah di Desa Rangai Tritunggal dan Tarahan masih didata oleh BPBD dan juga Dinas PUPR kabupaten Lampung Selatan.

Diperkirakan kerugian mencapai lebih dari Rp 1 miliar.  

(*)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved