Tribun Tanggamus

Bupati Lepas Tim Relawan Tanggap Bencana

Pelepasan yang dilakukan melalui Apel tersebut dilaksanakan di depan Kantor Bupati Tanggamus, Senin pagi (03/12/18).

Bupati Lepas Tim Relawan Tanggap Bencana
Istimewa
Bupati melakukan Pelepasan team tanggap bencana dilaksanakan di depan Kantor Bupati Tanggamus, Senin pagi (03/12/18). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID KOTA AGUNG -- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, melepas Tim Relawan Tanggap Bencana Kabupaten Tanggamus menuju Kecamatan Kelumbayan, tepatnya di Pekon Napal dan Pekon Sidoharjo.

Pelepasan yang dilakukan melalui Apel tersebut dilaksanakan di depan Kantor Bupati Tanggamus, Senin pagi (03/12/18).

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i, Kajari David P. Duarsa, Kapolres AKBP. I. Made Rasma, SIK., Pj. Sekdakab Drs. Hamid H. Lubis,  para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD Pemkab Tanggamus.

Dalam pengarahannya Bupati mengatakan agar Tim Relawan ini dapat segera diberangkatkan, karena para korban sangat mengharapkan bantuan yang diberikan.

Beliau juga mengatakan bahwa sejak Sabtu (1/12/18) dirinya selain telah meninjau beberapa lokasi bencana juga telah mengadakan rapat untuk penanggulangan bencana. Ia juga menyampaikan bahwa dirinya telah menetapkan status Tanggap Darurat Bencana terhadap 9 Kecamatan di Kabupaten Tanggamus, yaitu ; Kecamatan Pematang Sawa, Semaka, Wonosobo, Bandar Negeri Semuong, Kota Agung Barat, Cukuh Balak, Limau, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat.

Bupati juga mengungkapkan bahwa dalam upaya penanganan bencana banjir dan tanah longsor pihaknya tidak akan dapat berbuat banyak tanpa adanya bantuan dan kerjasama dari semua pihak.

Oleh karenanya beliau berharap agar semua pihak dapat memberikan bantuannya untuk menanggulangi bencana di Kabupaten Tanggamus. “Pada kesempatan ini juga saya sangat mengharapkan bantuan yang tidak terhenti dari semua pihak,” pintanya.

Kepada para relawan Bupati juga berpesan agar dapat memberikan bantuan dengan sebaik-baiknya. “Saya sangat berharap keberadaan bapak bapak dan ibu sekalian akan dapat betul-betul memberikan bantuan yang sangat diharapkan oleh masyarakat,” harapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para pegawai yang telah memberikan donasinya pada saat Apel pagi yang dipimpin oleh Sekdakab pagi tadi, dan telah mengumpulkan uang sebesar 22 juta Rupiah lebih. Bahkan pada kesempatan itu Bupati juga ikut memberikan donasi sebesar 10 juta Rupiah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa dirinya sangat ingin mengunjungi para korban bencana, namun dikarenakan akses jalan yang tidak mudah untuk ditempuh, maka dirinya belum bisa mengunjungi para korban. “Sampaikan salam Bunda karena secara pribadi, saya sampai hari ini mungkin belum berkesempatan untuk datang ke Kelumbayan juga Kelumbayan Barat, khususnya di Pekon Napal dan Pekon Sidoharjo.

Tetapi Insya Allah dalam waktu satu dua hari kedepan akan langsung datang kesana. Mudah-mudahan tentunya beberapa upaya penanganan termasuk membuka akses jalan dan juga bantuan bahan makanan sebelumnya telah dilakukan, mulai dari beberapa saat setelah terjadinya bencana longsor dan banjir tersebut,” terangnya.

Selain itu, Bupati juga meminta para Kepala OPD agar siaga dalam menyikapi kondisi Kabupaten Tanggamus yang dilanda bencana saat ini. “Saya sampaikan tolong kepada seluruh Kepala OPD untuk memberikan nomornya yang bisa dihubungi 24 jam, karena saya tidak mau adanya keterlambatan penanganan karena komunikasi yang terputus. Harus ada kebijakan-kebijakan cepat yang diambil dan jangan sampai terlambat karena adanya komunikasi yang tidak lancar,” tegasnya.

“Kepada seluruh OPD tolong kepeduliannya, jangan sampai disadarkan ataupun diminta, kalau ada kejadian langsung berpikir apa yang harus dilakukan sesuai dengan tupoksi yang sesuai dengan kewenangan yang ada, baik itu Pendidikan, Sosial, Pertanian dan lain sebagainya,” tegas Bupati.

“Tolong inventarisir apa yang harus dilakukan, sehingga akibat daripada bencana ini tidak menimbulkan penderitaan lebih panjang lagi untuk masyarakat kita,” tandas Bupati.

Adapun jumlah Tim Relawan yang diberangkatkan pada hari ini, sebanyak 90 orang, yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Sosial, Cadangan SAR, Dishub dan Kesehatan, yang akan ditempatkan pada dua Posko di lokasi bencana di Kecamatan Kelumbayan Barat. (Rls)

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved