Public Service

Keuntungan Jadi TKI/TKW Lewat Jalur Legal

Apa saja sih manfaat yang didapat jika kita bekerja menjadi TKI/TKW melalui jalur resmi/legal?

Keuntungan Jadi TKI/TKW Lewat Jalur Legal
net
Ilustrasi - TKI 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth Pengamat Sosial. Kita tahu saat ini masih banyak masyarakat yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) melalui jalur legal padahal kita tahu itu salah.

Yang mau saya tanya apa saja sih manfaat yang didapat jika kita bekerja menjadi TKI/TKW melalui jalur resmi/legal? Mohon penjelasannya, terimakasih.

Pengirim: +6285779883xxx

Penyebab Nyeri Dada Setelah Makan

Ada Tempat Mengadu Jika Terjadi Persoalan

KAMI terangkan jika Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) berangkat secara resmi, legal dan terdata dengan baik tentu ada tempat mengadu jika terjadi persoalan misal kehilangan paspor, dan lainnya.

Sebab jika jalurnya resmi tentu akan diketahui asal usul TKI/TKW tersebut berasal dari mana, bekerja sebagai apa, masuk dari agen (penyalur) mana dulunya dan sebagainya.

Kalau memang jalurnya resmi tentu akan lebih mudah. Misal seperti kehilangan paspor bisa diurus karena bukan persoalan yang sulit sebab bisa diurus di kedutaan.

Yang akan menjadi masalah jika ternyata TKI/TKW tersebut masuk atau berangkatnya melalui jalur yang tidak resmi. Karena tentunya akan kesulitan dalam pengurusannya.

Mestinya kalau terdata secara resmi sudah terdata dengan baik artinya ada tanggungjawab pemerintah dalam hal ini bagaimana keselamatan pekerja di negeri orang selama bekerja dan jika ada kejadian yang menimpa pekerja mesti dilindungi karena merupakan hak-hak pekerja tersebut.

BARTOVEN VIVIT N
Pengamat Sosial Dosen FISIP Unila

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved