Tribun Tulangbawang

RSUD Menggala Sukses Melakukan Tindakan Operasi Pemasangan Kateter Tenckoff Dialisis Peritoneal

RSUD Menggala Kabupaten Tulangbawang, berhasil melakukan tindakan operasi pemasangan kateter Tenckoff untuk Dialisis Peritoneal

RSUD Menggala Sukses Melakukan Tindakan Operasi Pemasangan Kateter Tenckoff Dialisis Peritoneal
Istimewa
Rls 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID TULANGBAWANG - RSUD Menggala Kabupaten Tulangbawang, berhasil melakukan tindakan operasi pemasangan kateter Tenckoff untuk Dialisis Peritoneal (CARD) by Nefhrologist untuk yang pertama kalinya di Provinsi Lampung.

Tentunya ini merupakan satu lagi prestasi gotong royong yang ditorehkan putra terbaik Tulangbawang dibidang Kesehatan, salah satu wujud nyata pengabdian pada masyarakat melalui program BMW yakni melayani semaksimal mungkin masyarakat.

Demikian, keberhasilan operasi itu dilakukan oleh Direktur RSUD Menggala Kabupaten Tulangbawang, Dr. Lukman Pura Sp.PD-KGH.,MHSM.,FINASIM bersama tim.

Adapun dijelaskan, OPERASI PEMASANGAN KATETER CAPD PERTAMA OLEH KONSULTAN GINJAL HIPERTENSI DI PROVINSI LAMPUNG
(The First Insertion TENCKHOFF Catheter CAPD by Nephrologist in Lampung Province).

Terapi pengganti ginjal (TPG) merupakan suatu tindakan perawatan yang diperlukan penderita Penyakit Ginjal Kronik Tahap Akhir (PGTA) untuk mempertahankan hidupnya.

Terapi utama pada penderita penyakit ginjal kronik (PGK) tahap akhir seharusnya transplantasi (cangkok) ginjal dimana fungsi ginjal akan kembali seperti sedia kala karena secara alamiah digantikan oleh ginjal baru dari donor.

Apabila transplantasi ini tidak dapat dilaksanakan maka penderita harus menjalani hemodialisis atau cuci darah kronis menggunakan mesin seumur hidupnya.

Alternatif lain adalah dialisis menggunakan selaput peritonium perut atau yang lebih dikenal sebagai CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis) atau dengan istilah lain Dialisis Peritoneal Mandiri Berkesinambungan (DPMB).

RSUD Menggala Kabupaten Tulangbawang Provinsi Lampung yang merupakan Rumah Sakit Kelas B Non Pendidikan dan juga sebagai Rumah Sakit Rujukan Regional III Provinsi Lampung sebagai RS penyangga dengan wilayah jangkauan pelayanan meliputi 7 (tujuh) Kabupaten disekitarnya.

Potensi peran tersebut dan dengan adanya SDM yang dimilikinya (4 konsultan/Sub-spesilistik dan 22 Spesialis lainnya) terus berusaha meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan medis dari waktu ke waktu.

Halaman
123
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved