Kampanyekan Three Zero Kasus HIV AIDS

Selaku pegiat yang konsen masalah HIV AIDS, dokter Firhat secara terbuka kerap mengampayekan pentingnya Three Zero Kasus HIV AIDS.

Kampanyekan Three Zero Kasus HIV AIDS
healthline.com
Ilustrasi HIV 

Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Selaku pegiat yang konsen masalah HIV AIDS, dokter Firhat secara terbuka kerap mengampayekan pentingnya HIV AIDS'>Three Zero Kasus HIV AIDS.

"Zero kasus baru, zero kematian, serta zero stigma negatif dan diskriminasi. Ini terus kami kampanyekan," ungkapnya kepada Tribunlampung.co.id.

Melalui Three Zero ini, sambung dia, yang diutamakan adalah action atau upaya nyata mengenai bagaimana bisa menekan sampai tidak ada penularan HIV lagi.

"Outputnya zero kasus baru, memberikan pelayanan terhadap yang sudah terinfeksi tanpa diskriminasi sehingga kematian karena HIV bisa dicegah," ungkap dokter di Rumah Sakit Natar Medika ini.

Stop Diskriminasi Orang Terinfeksi HIV AIDS

Dokter Firhat menambahkan, meskipun terkadang seseorang tidak menunjukkan gejala apapun, bisa jadi seseorang dapat menularkan virus ke orang lain. Ini karena HIV bisa memakan waktu 2 sampai 15 tahun dalam memunculkan gejala.

"Untuk itu perlu memeriksakan diri jika memang menduga terpapar hal yang memicu HIV. Seperti pengguna aktif jarum suntik narkoba atau pelaku hubungan seks bebas. Tujuannya untuk melindungi diri sendiri juga suami, istri, atau anak agar tidak terinfeksi virus yang sama," bebernya.

Banyak kasus, terusnya, orang yang terinfeksi HIV tidak mau jujur dengan diri sendiri. Akibatnya, menular ke istri bahkan ke calon anak yang ada di kandungan istri sehingga tak jarang anak yang tak bersalah terinfeksi HIV dari orangtuanya.(*)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved