Leni Rela Tinggalkan Dunia Mengajar Demi Tekuni Bisnis Fotokopi hingga Kuliner

Ia merasakan kesulitan dalam manajemen waktu antara mengajar, keluarga, dan bisnis fotokopian yang dirintis sejak 2007 lalu.

Leni Rela Tinggalkan Dunia Mengajar Demi Tekuni Bisnis Fotokopi hingga Kuliner
Tribunlampung/Sulis
Leni Novarita 

Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Seseorang sebelum mencapai sukses dalam bisnis pasti melewati tangga perjuangan yang tak mudah. Terutama jika yang dijual adalah jasa, salah satu tantangannya lebih kepada masalah pelanggan.

Leni Novarita mengakui, bisnis Aura Fotokopi sebelum menjadi besar dan merambah bidang publishing hingga kuliner yang dibangun bersama suami Ikhsanudin, pernah mengalami sepi pelanggan.

Sementara gaji karyawan, sewa kios, juga biaya listrik menanti untuk dibayar. "Pernah sehari gak ada konsumen. Pernah salah cetak, order cetak 100 biji dicetaknya 500 biji. Jadi ya rugi. Sementara saat itu kita punya satu karyawan yang harus digaji tiap bulannya," beber perempuan ramah ini mengawali ceritanya.

Di luar itu ia merasakan kesulitan dalam manajemen waktu antara mengajar, keluarga, dan bisnis fotokopian yang dirintis sejak 2007 lalu itu. akhirnya dia memutuskan untuk fokus merintis bisnis yang mulai berjalan lalu meninggalkan profesi sebagai tenaga pengajar.

"Ngalah saya yang menekuni bisnis walaupun berat meninggalkan profesi guru, biar suami yang tetap sambil ngajar di sekolah," ungkap ibu tiga anak ini.

Merasa usaha stagnan dan kurang berkembang, akhirnya ia dan suami memindahkan usaha fotokopiannya dari seputar bundaran Hajimena ke lingkungan Unila Jalan Soemantri Brojonegoro. Pelanggan dirasakan mulai ramai berdatangan.

"Setelah pindah ke Unila pasaran lebih bagus," kata perempuan berhijab itu.

Sembari menekuni fotokopi, dia dan suami memgembangkan sayap bisnis agar lebih dikenal. Akhirnya melayani jasa cetak skripsi, cetak undangan, id card, dan lainnya.

Memperbanyak item pelayanan yang diberikan. Bahkan tak segan memberikan diskon atau potongan tertentu.

Halaman
123
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved