Cegah Banjir, Pemprov Lampung Ajak Masyarakat Tanam Pohon Penghijauan

Hutan berperan nyata meningkatkan ketersediaan air sepanjang tahun. Oleh karena itu,

Cegah Banjir, Pemprov Lampung Ajak Masyarakat Tanam Pohon Penghijauan
Istimewa
Rls 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG--Pemerintah Provinsi Lampung mengajak seluruh masyarakat Lampung menanam pohon dalam rangka membangun dan memelihara hutan yang berhujung pada kesejahteraan masyarakat. Ajakan itu diserukan melalui Program Gerakan Lampung Menghijau. 

"Hutan berperan nyata meningkatkan ketersediaan air sepanjang tahun. Oleh karena itu, penanaman pohon dalam rangka membangun dan memelihara hutan perlu terus digalakkan. Sehingga, terbangun banyak hutan yang berfungsi sebagai green dam dan memberi manfaat perlindungan keanekaragaman hayati, penyerapan karbon, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam amanat yang dibacakan Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat, pada upacara mingguan, Senin (10/12/2018).

Dalam menggerakan masyarakat menanam pohon, jelas Taufik, Presiden Republik Indonesia pada 2017 menyerukan seluruh masyarakat menanam pohon 25 batang setiap orang selama hidup. "Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat sebagai resonansi seruan Presiden Republik Indonesia untuk bersama-sama menanam pohon bagi kepentingan anak cucu kita secara nyata dan mandiri," jelas Taufik.

Saat ini di beberapa tempat di Lampung terjadi bencana banjir dan tanah longsor. Penanaman pohon menjadi penting dalam mengembalikan vegetasi lahan dan hutan yang terdegradasi. "Saya mengajak para pihak menjaga lahan yang berfungsi lindung dengan menanam pohon yang punya kemampuan menyimpan air seperti beringin, aren, randu, bambu, trembesi, gayam, kluwak, dan lain-lain," ujar Taufik.

Lebih lanjut, Taufik menjelaskan saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencanangkan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Targetnya, memulihkan fungsi hidrologi DAS agar kembali sehat dan berkontribusi bagi pencegahan bencana, peningkatan produktifitas, dan kesejahteraan masyarakat.

"Upaya pemulihan DAS tersebut juga sejalan dengan Program Gerakan Lampung Menghijau, guna mengembalikan kondisi vegetasi dan fungsi hidrologi DAS yang bermanfaat terhadap meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, diharapkan adanya keterpaduan dan peran semua pihak dalam memperbaiki sumber daya Alam dan Lingkungan di Provinsi Lampung," kata Taufik Hidayat. (Rls)

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved