Tribun Bandar Lampung

Tahun Ini Kejati Lampung Selamatkan Kerugian Negara Hingga Rp 1 Miliar

Selama tahun 2018 ini, Kejaksaan Tinggi Lampung setidaknya telah menyelamatkan kerugian negara hingga Rp 1 miliar lebih.

Tahun Ini Kejati Lampung Selamatkan Kerugian Negara Hingga Rp 1 Miliar
Tribunlampung/Hanif
Press gathering dalam peringatan Hari Korupsi Internasional, Senin 10 Desember 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Selama tahun 2018 ini, Kejaksaan Tinggi Lampung setidaknya telah menyelamatkan kerugian negara hingga Rp 1 miliar lebih.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Lampung Susilo Tustisius dalam press gathering dalam peringatan Hari Korupsi Internasional, Senin 10 Desember 2018.

"Penangangan tindak pidana korupsi dari bulan Januari hingga November setidaknya telah menyelamatkan kerugian negara hingga Rp 1 miliar lebih," ungkapnya.

Adapun berkas yang kini tengah ditangani, kata Susilo, 32 kasus dalam penyelidikan dan 9 perkara dalam penyidikan.

Zainudin Hasan Akan Jalani Sidang Perdana Pekan Depan

"Sementara dalam proses penuntutan dari kejaksaan sebanyak 14 kasus dan Polri sebanyak 25 kasus, untuk yang sudah dieksekusi sebanyak 52 kasus," tandasnya.

Kajati pun mengatakan, langkah yang diambil berikut untuk menekan angka tindak pidana korupsi baik pencegahan dan penindakan, pihaknya juga mengoptimalkan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

"Melakukan TP4D, mengoptimalkan bagaimana meminimalisir proyek di tempat kami maupun di provinisi kabupaten," ungkapnya.

Lanjutnya, TP4D akan melakukan pengawalan dari awal baik tahap perencanaan, syarat, hingga penyusunan draf kontrak.

"Supaya dalam kontrak ini menguntungkan negara. TP4D sendiri bekerjasama dengan pengawas proyek dan lembaga yang meminta yakni negara, dari situ pengawalan sehingga proyek bisa dilaksanakan," tandasnya.

Penulis: hanif mustafa
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved