Tribun Lampung Barat

Bupati Lambar Buka Sosialisasi Persertifikatan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Bupati Lambar buka sosialisasi Persertifikatan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Bupati Lambar Buka Sosialisasi Persertifikatan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)
Istimewa
Bupati Lambar membuka secara resmi Sosialisasi PTSL di Aula RSUD Alimudin Umar, Hari Selasa (11/12) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID LAMPUNG BARAT  - Sosialisasi Pensertifikatan Tanah Sistematis Legkap (PTSL) Kabupaten Lampung Barat dalam rangka pemberdayaan hak atas tanah masyarakat bagi pelaku usaha mikro dan kecil petani dan pembudidayaan ikan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk tahun 2019 secara resmi dibuka oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus di Aula RSUD Alimudin Umar, Hari Selasa (11/12).

Bupati Lambar didampingi Wakil Bupati Lambar,  Assisten Bidang Perekoomian & Pembangunan serta Kepala Badan Pertanahan Nasional Lambar pada sosialisasi PTSL,  Selasa (11/12).
Bupati Lambar didampingi Wakil Bupati Lambar, Assisten Bidang Perekoomian & Pembangunan serta Kepala Badan Pertanahan Nasional Lambar pada sosialisasi PTSL, Selasa (11/12). (Istimewa)

Turut hadiri Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Natadjudin Amran, Kepala Badan Pertanahan Nasional Lambar, OPD, Camat, Lurah dan Peratin

"Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui kementrian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan atas kepemilikan lahan dan tertuang dalam peraturan menteri ATR/BPN Nomor 12 tahun 2017 tentang PTSL.

PTSL yang populer dengan istilah sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat, selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat melalui program ini dapat menjadikan sertifikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat" ujar Parosil.

Selanjutnya, pihaknya mengatakan bahwa telah dikeluarkan surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 520/5624/sj Tanggal 7 Agustus 2018 yang ditujukan kepada seluruh Bupati dan Walikota seluruh indonesia untuk mendukung pelaksanaan program PTSL dalam upaya pemberdayaan hak atas tanah masyarakat bagi pelaku usaha mikro dan kecil, petani dan pembudi daya ikan.

Kemudia, untuk menindaklanjuti surat tersebut, pemerintah Kabupaten Lampung Barat pada tahun 2019 mendatang akan melakukan upaya kerjasama dalam mendukung upaya pemberdayaan hak atas tanah tersebut dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Barat, BRI dan lembaga keuangan yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Kerjasama ini berupa sosialisasi dan inventarisasi kepada calon peserta melalui kelompok masyarakat sebagai penanggung jawab lapangan agar pelaksanaan program PTSL menjangkau kalangan masyarakat atau kelompok sasaran, dengan tujuan untuk menjawab permasalahan yang selama ini menjadi kendala pelaksanaan program PTSL.

Terakhir, pada tahun 2019 ini Pemkab Lambar telah menganggarkan dana untuk pensertifikatan tanah gratis bagi masyarakat kurang mampu melalui kegiatan proda untuk 100 bidang tanah yang lokasinya akan ditetapkan, kemudian proda ditetapkan sebagai program tahunan untuk mendukung program PTSL dari pemerintah pusat.

Pada tahun 2018 ini program proda sudah diberikan kepada 100 bidang tanah di Pekon Gedung Surian Kecamatan Gedung Surian dan bagi kecamatan dan pekon atau kelurahan yang di wilayahnya telah melalui program PTSL dan masih belum mencukupi, dapat mengusulkan pendaftaran sertifikat tanah melalui proda yang ditujukan kepada Bupati Lampung Barat melalui Dinas PUPR, tutupnya.

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved