Ibu Negara Tinjau Keberhasilan Lampung Laksanakan IVA Test dan Sadanis

Ibu Negara Tinjau Keberhasilan Lampung Laksanakan IVA Test dan Sadanis

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID NATAR--Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla beserta anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) didampingi Ketua Tim Pembina PKK Provinsi Lampung Apriliani Yustin Ficardo berkunjung ke Puskesmas Tanjung Sari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Rabu (12/12/2018).

Kunjungan ini sebagai apresiasi terhadap Pemerintah Provinsi Lampung yang dinilai berhasil dalam program inspeksi visual asetat (IVA) test dan sadanis atau pemeriksaan payudara klinis.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, tingkat keberhasilan IVA test dan sadanis di Lampung mencapai 97%. "Kunjungan ini untuk melihat bagaimana kinerja jajaran Pemprov Lampung dalam implementasi agar dapat diterapkan dan disosialisasikan ke daerah-daerah lain yang belum berhasil dalam melakukan IVA test dan sadanis," kata Reihana.

Pemilihan Puskesmas Tanjung Sari karena merupakan salah satu yang baik dalam penanganan IVA test dan sadanis. Kemudian, salah satu puskesmas berprestasi di Provinsi Lampung yakni menjuarai lomba UKS tingkat nasional. "Puskesmas tersebut juga terakreditasi Kementerian Kesehatan," kata Reihana.

Kedua jenis pemeriksaan itu, berfungsi mencegah sekaligus mendeteksi dini kemungkinan wanita dewasa mengidap penyakit kanker serviks atau leher rahim. Termasuk mengetahui kemungkinan terjangkitnya penyakit kanker payudara.

"Tes IVA dan sadanis sangat penting diikuti semua wanita dewasa terutama yang sudah menikah. Tes tersebut untuk pencegahan dini supaya terbebas dari kanker serviks dan payudara, karena kedua penyakit ini dapat mematikan jika tidak diobati dan dicegah sejak dini," kata Reihana.

Keberhasilan kedua program itu, atas dukungan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang menggelontorkan dana Rp15 miliar untuk membeli alat krayo therapy yang dibagikan ke seluruh puskesmas kabupaten dan kota. Alat tersebut bagi perempuan yang terdeteksi positif mengidap kanker serviks dan payudara. Sehingga, saat ini sebagian besar perempuan di Provinsi Lampung dapat terhindar dari kanker serviks dan payudara sejak dini.

Selain untuk itu, Ibu Negara dan rombongan meninjau kondisi stunting dan TBC. "Sejauh ini cakupan penemuan kasus untuk TBC lebih baik dan terjadi penurunan angka untuk evaluasi stunting. Lampung juga selalu mendapat nilai tertinggi IVA test," kata Reihana.

Rombongan Ibu Negara tiba di Puskesmas Tanjung Sari pada pukul 09.20 WIB. Sebelumnya berkunjung di PAUD Branti Lampung Selatan. Kemudian, meninjau langsung keadaan di puskesmas tersebut, rombongan bergerak ke berbagai lokasi yang ada dalam rangkaian agenda kunjungan kerja itu.(rls)

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved