Per November 2018, Capaian Realisasi Pajak Kanwil DJP Bengkulu Lampung 75,6 Persen

Jelang akhir tahun, realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Bengkulu Lampung mencapai 75,6 persen per November 2018.

Per November 2018, Capaian Realisasi Pajak Kanwil DJP Bengkulu Lampung 75,6 Persen
Tribunlampung/Ana
Media Gathering di Auditorium Raflesiger Kanwil DJP Bengkulu Lampung, Senin (17/12). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Jelang akhir tahun, realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Bengkulu Lampung mencapai 75,6 persen per November 2018. Adapun target awal pencapaian pajak Kanwil DJP Bengkulu Lampung pada tahun 2018 adalah sebesar Rp 10,4 triliun.

Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan Kanwil DJP Bengkulu Lampung Dudi Effendi mengatakan, angka tersebut sudah mencatatkan pertumbuhan 15 persen dibanding tahun lalu dan diharapkan hingga akhir tahun dapat meningkat maksimal mengingat potensi pajak dari pengeluaran belanja negara (penggunaan anggaran) yang masih terbuka.

Ia menambahkan, saat ini ada dua kendala untuk realisasi pajak di Kanwil DJP Bengkulu Lampung, khususnya di Lampung. Pertama, kondisi perekonomian di Lampung yang didominasi sektor komoditas dimana ada beberapa komoditas seperti kelapa sawit dan kopi yang pada tahun ini tidak mengalami peningkatan harga yang signifikan.

Honda Dukung Kemandirian Ekonomi Alumni SMK di Lampung Lewat Program The Youthpreneurship

"Walaupun tidak turun besar namun harganya tidak meningkat signifikan. Meskipun begitu, produksinya masih baik sehingga penerimaannya tidak turun tajam. Kedua adalah luasan wilayah di Bengkulu dan Lampung yang juga membuat penyerapan potensi pajak perlu untuk dimaksimalkan," jelasnya saat Media Gathering di Auditorium Raflesiger Kanwil DJP Bengkulu Lampung, Senin (17/12).

Untuk saat ini, Kanwil DJP Bengkulu Lampung memiliki 6 Kantor Pajak Pratama (KPP) untuk menyerap potensi pajak yang ada dari 15 kabupaten/kota di Lampung. Tiga KPP di antaranya berada di Bandar Lampung dan 3 lainnya berada di Kotabumi, Natar dan Metro.

Ditambahkan oleh Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Bengkulu Lampung Yusup Widodo mengatakan, Kanwil DJP Bengkulu Lampung melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan penerimaan pajak. Di antaranya adalah dengan sosialisasi pajak UMKM yang turun menjadi 0,5 persen per 1 Juli 2018.

Selain itu, di setiap KPP juga dilakukan komunikasi intensif dengan para wajib pajak, termasuk salah satunya dengan membentuk Satgas untuk pendampingan kepada para Wajib Pajak di KPP Curup. Tahun depan, rencananya Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung akan menggandeng mahasiswa sebagai relawan untuk memandu para Wajib Pajak melakukan pengisian e-SPT. (ana)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved