Tribun Lampung Timur

Disdukcapil Musnahkan 9.642 Keping KTP-el Rusak

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lampung Timur memusnahkan sebanyak 9.642 keping KTP-el yang rusak atau invalid di halaman Disdukcapil

Disdukcapil Musnahkan 9.642 Keping KTP-el  Rusak
Istimewa
Disdukcapil Lamtim saat pemusnahan e-KTP di halaman Disdukcapil Lamtim 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, SUKADANA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lampung Timur memusnahkan sebanyak 9.642 keping KTP-el yang rusak atau invalid di halaman Disdukcapil Lamtim, Senin (17/12). Pemusnahan dilakukan dengan cara membakar.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Indra Gandi, mewakili Kadisdukcapil Lampung Timur Subandri Bachri mengatakan, pemusnahan blanko dan KTP-el yang rusak atau invalid menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018. Pemusnahan menyasar pada hasil pencetakan massal KTP-el periode tahun 2011-2013.

Ramai-ramai Bakar Ribuan e-KTP di Lampung, Terbanyak di Lampung Utara

"Salah satu poin dalam Surat Edaran Mendagri itu menyebutkan, disdukcapil tiap kabupaten kota diminta melakukan pencatatan dan pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid dengan cara dibakar. Selain itu tiap disdukcapil kabupaten kota juga diminta membuat berita acara untuk setiap proses pemusnahan KTP-el," terangnya, Selasa (18/12).

Disdukcapil Bandar Lampung Musnahkan 4.313 Blangko e-KTP Rusak

Indra menambahkan, KTP-el masuk kategori invalid bila terjadi kerusakan isecara fisik dan terjadi pencetakan ulang karena perubahan biodata warga, seperti ganti status karena pernikahan, pindah alamat, ganti pekerjaan, status pendidikan, dan lainnya.

"Yang pasti tujuan pemusnahan ini untuk menghindari penyalahgunaan KTP-el rusak atau invalid seperti maraknya informasi temuan KTP-el rusak atau invalid yang tercecer di kebun dan di jalan jelang penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019," tandasnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved