Manfaat Jaminan Sosial Diperluas, Pekerja Migran Semakin Terlindungi

BPJS Ketenagakerjaan - Manfaat Jaminan Sosial Diperluas, Pekerja Migran Semakin Terlindungi

Manfaat Jaminan Sosial Diperluas, Pekerja Migran Semakin Terlindungi
TRIBUN LAMPUNG/GUSTINA ASMARA
BERI PENJELASAN – Petugas BP3TKI Lampung sedang memberi penjelasan kepada PMI re-entry Samawatin terkait syarat-syarat keberangkatannya kembali ke Arab Saudi untuk bekerja, Jumat (28/12). Salah satu syarat untuk berangkat ini adalah telah mengikuti program jaminan sosial dari BPJSTK. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - BPJS Ketenagakerjaan memberikan “kado” spesial kepada para pekerja migran Indonesia (PMI) di penghujung tahun 2018 ini.

“Kado” spesial tersebut berupa perluasan manfaat jaminan sosial yang diberikan kepada para pekerja migran Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, manfaat jaminan sosial yang diberikan mencapai 17 item dari semula hanya sekitar tujuh item manfaat.

Ke-17 item manfaat tersebut yakni, perawatan dan pengobatan akibat kecelakaan kerja, bantuan uang bagi PMI gagal berangkat, biaya pengangkutan, pembelian alat bantu (orthese) dan atau alat ganti (prothese), santunan kecacatan, santunan berkala.

Doa Akhir Tahun 2018 dan Awal Tahun 2019 dalam Bahasa Arab dan Latin

Selanjutnya, penggantian gigi tiruan, santunan kematian dan biaya pemakaman, beasiswa pendidikan/pelatihan vokasional, bantuan uang bagi PMI mengalami kerugian/kehilangan, santunan akibat meninggal dunia karena kekerasan fisik atau pemerkosaan/pelecehan seksual.

Manfaat lain yakni, perawatan lanjutan di dalam negeri akibat kecelakaan kerja, bantuan biaya PHK, biaya pengangkutan dan pemulangan PMI bermasalah, serta bantuan dan pengakutan PMI gagal ditempatkan.

Perlindungan yang diberikan tersebut diberikan sejak pra penempatan, penempatan, hingga PMI pulang ke Indonesia.

“Kita menyadari bahwa PMI merupakan aset negara. Jadi sudah sepantasnya mereka mendapatkan perlindungan dan jaminan sosial yang maksimal. Apalagi, tak mudah bekerja di negeri orang dengan segala risiko yang dihadapi. Dan BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen melindungi seluruh pekerja Indonesia baik di dalam negeri maupun luar negeri,” jelas Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung Herry Subroto, Jumat (28/12/2018).

Mahasiswi yang Dibakar Mantan Pacar Akhirnya Meninggal Dunia

Menurutnya, perluasan manfaat ini telah dituangkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Republik Indonesia No 18 Tahun 2018 tentang Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia yang keluar pada 10 Desember 2018.

Permenaker ini sekaligus mengganti Permenaker No 7 Tahun 2017.

Halaman
1234
Penulis: Gustina Asmara
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved