Tribun Lampung Utara

Antisipasi Banjir, TRC BPBD dan Satpol PP Lampura Bersih-bersih Saluran Got

Antisipasi Banjir, TRC BPBD dan Satpol PP Lampung Utara Bersih-bersih Saluran Got.

Antisipasi Banjir, TRC BPBD dan Satpol PP Lampura Bersih-bersih Saluran Got
Ist
TRC BPBD dan Satpol PP Lampung Utara saat melakukan giat bersih-bersih saluran air di Jalan Jenderal Sudirman Kotabumi, Jumat (04/1/2019). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Dalam rangka mengantisipasi banjir di kabupaten Lampung Utara, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Utara bersama tim dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bidang Pemadam Kebakaran.

Melakukan kegiatan bersih-bersih di beberapa titik gorong-gorong yang sering terjadi adanya luapan air ketika hujan turun.

Kepala Seksi Pelatihan dan Pemadaman Kebakaran Dinas Pol PP, Firmansyah mengatakan, dilaksanakannya pembersihan di titik-titik lokasi yang dianggap rawat mengalami luapan air ketika musim hujan turun di sebagain wilayah perkotaan itu guna mengantisipasi adanya banjir.

"Pengerukan dilakukan dibeberapa tempat saluran air diseputaran kota ini agar tidak terjadi banjir. Karena dibeberapa wilayah di kota kotabumi disaat hujan turun sering ada genangan air. Seperti di daerah Kelurahan Gapura, yang terjadi di beberapa titik di sepanjang jalan Jenderal Sudirman Kotabumi," ujarnya, Jumat (4/1/2019).

GAK Masih Aktif, Warga Kalianda Sempat Khawatir Tercium Aroma Belerang Pada Kamis Malam

Dikatakannya, kegiatan tersebut akan terus digiatkan pihaknya, hal itu dalam rangka melakukan pelatihan terhadap anggota yang bertugas di bidang penanggulangan dan pelatihan dalam menghadapi bencana alam yang tidak diketahui waktu datang tersebut.

Sebagaimana diketahui, lanjut Firmansyah, Kabupaten Lampung Utara masuk dalam keteria wilayah rawan banjir.

"Untuk mengantisipasi itu kita melakukan bersih-bersih saluran air atau gorong-gorong," ujar Dia.

Politikus Asal Lampung Terseret Kasus Hoaks Surat Suara Tercoblos di Medsos

Untuk itu diharapkannya, peran aktif dari masyarakat dalam ikut serta menjaga kebersihan lingkungan. Karena menurutnya, kebersihan lingkungan di daerah tempat tinggal masyarakat masing-masing harus lebih sadar untuk menjaganya.

"Bukankah kebersihan itu merupakan keindahan dan selain itu sehat?," jelasnya.

‎Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lampung Utara telah menurunkan personel di sejumlah titik rawan banjir di wilayah setempat.

Kapolres Lampung Utara Pimpin Deklarasi Anti Narkoba, Hadir Tokoh Tanah Miring

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi banjir akibat hujan beberapa hari terakhir. Plt Sekretaris BPBD Lampung Utara, Mery Edialis mengatakan memasuki musim penghujan di bulan November ini, beberapa kecamatan di Kabupaten Lampung Utara terancam terdampak banjir akibat beberapa aliran sungai yang meluap.

"Ada‎ empat kecamatan yang rawan banjir, yakni Kecamatan kotabumi selatan, kecamatan Kotabumi, kecamatan Abung timur, kecamatan Abung Selatan," katanya Selasa (6/11).

Bencana banjir bukan lagi permasalahan yang besar, karena hampir tiap tahun di beberapa kecamatan dan kampung terkena banjir akibat meluapnya aliran dari Way rarem.

Ia mengimbau agar seluruh masyarakat selalu waspada khususnya yang tinggal di pinggir sungai karena sering tiba-tiba air sungai tersebut meluap‎.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved