Tribun Metro

Mitigasi Bencana Penting karena Mayoritas Warga Diserang Panik Ketika Bencana Datang

Sejumlah kalangan mendukung wacana menyebarluaskan mitigasi bencana sejak dini kepada seluruh masyarakat di Kota Metro.

Mitigasi Bencana Penting karena Mayoritas Warga Diserang Panik Ketika Bencana Datang
net
gempa ilustrasi

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Sejumlah kalangan mendukung wacana menyebarluaskan mitigasi bencana sejak dini kepada seluruh masyarakat di Kota Metro.

"Itu sangat baik. Karena banyak yang belum tahu bagaiamana menyelamatkan diri ketika ada bencana. Baik itu gempa, angin puting beliung, tsunami, dan potensi lainnya," ujar Yoyok Wahyudianto, Wakil Ketua Karang Taruna Metro.

DPRD Metro Dorong Mitigasi Bencana Masuk Kurikulum Sekolah

Sementara Ketua PWI Metro Abdul Wahab menilai, pentingnya pengetahuan mitigasi bencana karena mayoritas warga terserang gejala panik ketika terjadi bencana, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Pemkot Diminta Tambah Satu SMPN di Metro Barat

"Mungkin 90 persen warga Metro itu enggak tahu apa yang harus dilakukan kalau ada bencana. Pilihannya cuma lari, itu naluri. Bagaimana agar tidak panik, bagaimana berlindung, itu kan perlu pemahaman," bebernya.

Karenanya, penanganan bencana perlu disebarluaskan kepada seluruh masyarakat. "Tentu kita tidak ingin ada bencana. Tapi jika kita contoh jepang, yang dari kecil warganya diberi pelatihan, maka harapannya korban bisa diminimalisir," tuntasnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved