Tribun Tulangbawang

Rumah Rusak karena Terjangan Puting Beliung Dibantu Rp 5 Juta

Bupati Tulangbawang Winarti mengunjungi korban yang terdampak angin puting beliung di Kampung Duta Yoso Mulyo

Rumah Rusak karena Terjangan Puting Beliung Dibantu Rp 5 Juta
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
BANTUAN - Pemkab Tuba dan Polres Tuba memberi bantuan untuk meringankan beban warga Kampung Duta Yoso Mulyo, Kecamatan Rawapitu yang terkena dampak angin puting beliung, Senin (7/1). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Bupati Tulangbawang Winarti mengunjungi korban yang terdampak angin puting beliung di Kampung Duta Yoso Mulyo, Kecamatan Rawapitu, Senin (7/1).

Selain pejabat teras pemkab, dalam kunjungan guna membantu warga korban puting beliung itu, Winarti juga didampingi Kapolres AKBP Syaiful Wahyudi.

Puting Beliung Terjang Tulangbawang, 37 Rumah Rusak

Bupati Winarti mengatakan, musibah yang terjadi merupakan kehendak Allah SWT. Untuk itu meminta kepada warga yang terkena puting beliung untuk sabar dan berdoa.

Dalam kunjungan tersebut, Winarti memberikan beberapa bantuan untuk korban puting beliung di antaranya 5 dus family kit (perlengkapan keluarga), 36 paket makanan siap saji, 36 paket makanan tambahan gizi, 30 paket makanan lauk pauk, 7 dus perlengkapan makan, 10 dus perlengkapan balita, 8 dus perlengkapan rekreasional, 20 unit sandang, 10 unit tas sekolah, 40 unit selimut, dan 40 unit matras.

Sementara untuk rumah yang rusak berat pemkab memberi bantuan Rp 5 juta, rumah rusak sedang Rp 2, 5 juta, dan rumah rusak ringan dibantu Rp 1,5 juta.

BPBD Catat Kerugian Akibat Puting Beliung di Rawapitu Capai Rp 500 Juta

Pada kegiatan itu Winarti berpesan kepada warga, sesuai instruksi Presiden Jokowi masing-masing desa mengusulkan kebutuhan desa sesuai kebutuhan.

Selain itu juga, mengenai program Keluarga Harapan (PKH), lanjut Bupati, Presiden Jokowi berharap program ini bisa sesuai harapan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulangbawang mencatat, total kerugian akibat terjangan angin puting beliung di Kampung Duta Yoso Mulyo Kecamatan Rawapitu mencapai Rp 500 juta.

Angin puting beliung yang terjadi pada Rabu (2/1) sore itu, telah memporak porandakan rumah warga di Kampung Duta Yoso Mulyo.

Kepala BPBD Normal M Yus mengatakan, data akhir yang diterima pihaknya tercatat ada 91 rumah warga yang rusak akibat terjangan puting beliung.

"Ada bangunan ada yang rusak berat, ringan, dan sedang. Kita total kerugian seluruhnya itu Rp 500 juta," terang Normal.

Dari 91 rumah yang rusak, 12 rumah diketahui rusak berat, 46 rumah rusak sedang, dan 33 rumah rusak ringan.Selain rumah warga, puting beliung juga menerjang atap pasar dan sekolah di wilayah setempat.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved