Tribun Metro

5.000 Bidang Tanah di Metro Belum Bersertifikat

Kantor Pertanahan Kota Metro mengaku pendaftaran sertifikat tanah tidak dipungut biaya, karena telah ditanggung negara

5.000 Bidang Tanah di Metro Belum Bersertifikat
Tribunlampung/Didik
Ilustrasi Sertifikat Tanah 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kantor Pertanahan Kota Metro mengaku pendaftaran sertifikat tanah tidak dipungut biaya, karena telah ditanggung negara.

Kepala Kantor Pertanahan Metro Rahmat mengatakan, sekitar 5.000 bidang tanah di wilayah setempat belum bersertifakt. Dari 62 ribu bidang tanah, baru 82 persen yang bersertifikat. Sementara sisanya sekitar 18 persen belum memiliki sertifikat.

Jokowi: Sudah 46 Juta Sertifikat Tanah Dibagikan di Seluruh Indonesia

Karenanya, ia berharap masyarakat yang memiliki tanah dan belum bersertifikat segera mendaftarkan diri tahun ini. Pihaknya menargetkan Tahun 2019 seluruh bidang tanah di Metro telah sertifikat.

"Bisa daftar Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap atau PTSL. Itu sama saja, kalau dulu prona. Jadi kita minta warga jaga disimpan saja, segera sertifikat tanahnya," ujarnya selepas pembagian 100 sertifikat tanah di Aula Kelurahan Yosodadi, Rabu (9/1).

32.200 Sertifikat Tanah Dibagikan Tahun Ini di Lamteng

Namun demikian, Rahmat mengaku, di Lampung ada biaya tambahan maksimal Rp 200 ribu untuk PTSL sesuai SKB tiga Menteri dan Perwali. Namun, dana tersebut tidak dikelola BPN, karena untuk kepentingan pembuat.

"Itu seperti untuk materai, patok, fotokopi, dan lainnya. Jadi untuk pengurusan berkas mereka sendiri. Tiap daerah beda-beda, tapi di Lampung itu Rp 200 ribu," tuntasnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved