Tribun Metro

Kelurahan Akan Dibantu Rp 150 Juta untuk Penambahan Lampu Jalan

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berencana menambah lampu penerangan jalan (LPJ) tiap kelurahan di wilayah setempat.

Kelurahan Akan Dibantu Rp 150 Juta untuk Penambahan Lampu Jalan
ILUSTRASI Lampu jalan di Bypass 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berencana menambah lampu penerangan jalan (LPJ) tiap kelurahan di wilayah setempat.

Wali Kota Achmad Pairin mengatakan, rencana penambahan LPJ sebagai tindak lanjut program dana pembangunan kelurahan dari pemerintah pusat. Namun demikian, rencana masih akan dikoordinasikan dengan jajarannya.

Pairin Ingatkan Lurah untuk Bayar Pajak Motor Dinas

"Nantinya sumber untuk menghidupkan lampu disambungkan ke perumahan warga. Tadinya kita anggaran dana pembangunan Rp 150 juta untuk tiap kelurahan, tapi ada program dana kelurahan dari pemerintah pusat," ungkapnya, Rabu (9/1).

Karena itu, dana Rp 150 juta dari APBD, wacananya akan dialokasikan untuk penambahan lampu penerangan jalan tiap kelurahan. Setelah dicapai kesepakatan, pembahasan rencana akan ditindaklajuti dengan tahapan sosialisasi.

"Inikan masih rencana, akan kita bahas dulu dengan seluruh jajaran pemkot untuk ditinjau dari segala aspek. Termasuk estimasi biaya pengadaan lampu. Kalau estimasinya satu lampu Rp 200 ribu, tentu akan banyak lampu yang bisa kita tambah," terangnya.

Pemkab Lampura Berencana Pasang 350 Unit Lampu Jalan Hibah dari Pemprov Jakarta

Selain itu, perlu sosialisasi kepada masyarakat karena sumber arus listrik lampu diambil dari rumah warga. Rencana penambahan LPJ bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada warga, terutama dari aspek keamanan dan keindahaan lingkungan.

"Kalau jalanan terang tentu keamanan makin terjaga. Begitu juga suasana bisa lebih indah. Intinya semua untuk kenyamanan warga Metro," ungkapnya.

Ketua Komisi I Basuki menilai penambahan lampu jalan atau penerangan merupakan salah satu usulan warga yang cukup banyak saat dewan melakukan reses.

"Tahun lalu kita tiga kali melaksanakan reses ke masing-masing dapil. Dan banyak usulan serta masukan pembangunan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Seperti lampu dan jalan," ungkapnya.

Karena itu usulan tersebut harus bisa menjadi prioritas untuk direalisasikan. Namun, tetap harus disesuaikan antara kemampuan keuangan. Ditambahkannya, lampu penerangan jalan selain sebagai antisipasi rawan lakalantas dan kejahatan, juga sebagai wujud Metro sebagai sebuah kota.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved