Tribun Lampung Selatan

Rumah Warga Korban Tsunami Diganti Rp 50 Juta per Unit

Rapat koordinasi kesiapsiagaan penanganan bencana Selat Sunda digelar di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan KebudayaaN.

Rumah Warga Korban Tsunami Diganti Rp 50 Juta per Unit
TRIBUN LAMPUNG / DEDI SUTOMO
Warga pesisir Kecamatan Rajabasa yang sebelumnya mengungsi di tenda di atas bukit kini mulai menempati tenda terpadu untuk tempat pengungsi sementara sembari menunggu pendirian hunian sementara (huntara), Jumat (11/1). 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan membuat beberapa kampung siaga/tangguh bencana di kawasan pesisir Kecamatan Rajabasa dan Kalianda.

Terutama pada desa yang terkena dampak tsunami Pembentukan desa tangguh bencana ini merupakan instruksi dari pemerintah pusat.

"Akan ada beberapa desa nantinya akan dijadikan desa tangguh bencana seperti Desa Kunjir dan Way Muli Timur yang terkena dampak paling parah dari tsunami".

300 UKM di Lampung Selatan Rugi Rp 6,7 Miliar Imbas Tsunami

"Tujuannya warga dapat lebih siap saat terjadi bencana," ujar Plt kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan, Sefri Masdian, Jumat (11/1/2019)

Selain itu, pemerintah akan memberikan bantuan stimulan untuk korban tsunami Selat Sunda yang rumahnya rusak dan hilang.

Warga yang rumahnya rusak berat atau hancur akan mendapatkan bantuan Rp 50 juta per unit, rumah rusak sedang mendapatkan bantuan Rp 25 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

Penetapan ini dikeluarkan dalam rapat koordinasi kesiapsiagaan penanganan bencana Selat Sunda digelar di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rapat koordinasi dihadiri Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan sejumlah pejabat dari instansi. Juga hadir bupati Pandeglang Banten, Sekda Provinsi Lampung dan Sekda Provinsi Banten.

Rapat dipimpin Plt Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Sony Harry B Harmadi.

Pemkab Lamsel Tunggu 57 KK Warga Pesisir Kalianda Pindah ke Huntara

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved