Tribun Bandar Lampung

Disdikbud Bandar Lampung Instruksikan 40 Guru Bikin Soal Ujian SD dan SMP

Disdikbud Bandar Lampung sedang menggodok soal untuk ujian siswa-siswi SD dan SMP.

Disdikbud Bandar Lampung Instruksikan 40 Guru Bikin Soal Ujian SD dan SMP
Tribun Lampung
Sebanyak 40 guru berkumpul di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Lampung, Bandar Lampung, Senin (14/1/2019). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung menginstruksikan mereka untuk membuat soal ujian SD dan SMP. 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG BAYU SAPUTRA

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung sedang menggodok soal untuk ujian siswa-siswi SD dan SMP. Pembuatan soal berlangsung selama empat hari ke depan.

Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana menjelaskan, pihaknya mengerahkan total 40 guru untuk membuat soal. Soal tersebut masing-masing untuk USBN SD dan SMP serta Ujian Akhir Sekolah (UAS) khusus SD.

"Tim akan membuat soal USBN sebanyak 75 persen. Sisanya, 25 persen dari bank soal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," katanya kepada awak media di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Lampung, Bandar Lampung, Senin (14/1/2019).

Untuk SD, tim akan membikin soal USBN mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pada jenjang SMP, soal USBN mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, hingga Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

"Sedangkan UAS siswa-siswi SD, soalnya untuk mata pelajaran PKn, IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan," ujar Eka.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Bandar Lampung M Badrun mengungkapkan, tim akan membuat total 40 soal pilihan ganda. Selain itu, lima soal lainnya berupa esai.

Dalam proses pembuatan soal, jelas Badrun, tim menggunakan sistem High Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi.

"Setiap soal mata pelajaran akan menggunakan sistem HOTS. Kami membuat soal dengan harapan bisa menguji kemampuan siswa-siswi," katanya.

Berdasarkan jadwal, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD dan SMP akan berlangsung pada awal sampai pertengahan April mendatang.

Setelah USBN SD dan SMP, akan berlanjut pada UAS SD mulai pertengahan hingga akhir April.

"Kami berharap siswa-siswi mempersiapkan semuanya," ujar Ketua MKKS SMP yang juga kepala SMP Negeri 25 Bandar Lampung M Badrun.

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved