Tribun Lampung Selatan

Pemkab Lampung Selatan Akan Mempercepat Rekontruksi dan Rehabilitasi Daerah Terdampak Tsunami

Pemkab Lampung Selatan menargetkan percepatan rekonstruksi dan rehabilitasi daerah terkena dampak tsunami Selat Sunda, pada 22 Desember 2018 lalu.

Pemkab Lampung Selatan Akan Mempercepat Rekontruksi dan Rehabilitasi Daerah Terdampak Tsunami
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Rapat Koordinasi Rencana Rekonstruksi dan Rehabilitasi Pasca Tsunami Pemkab Lamsel 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menargetkan percepatan rekonstruksi dan rehabilitasi daerah terkena dampak tsunami Selat Sunda, pada 22 Desember 2018 lalu.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Fredy SM, setelah masa tanggap dadurat, akan segera dilakukan tahapan rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana.

“Kita akan melakukan pendataan kerugian akibat dari tsunami Selat Sunda. Termasuk rencana relokasi warga dan juga aspek ekonomi masyarakat yang berkaitan dengan matapencaharian mereka,” ujarnya saat rapat koordinasi dengan tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (16/1/2019).

Pemkab Lamsel Akan Bangun Desa Tangguh Bencana di Pesisir Rajabasa dan Kalianda

Fredy pun meminta tim pemerintah daerah menghitung secara akurat seluruh aspek yang terkait dengan tsunami Selat Sunda yang meluluhlantahkan sebagian besar daerah Pesisir Kalianda dan Rajabasa.

Dirinya juga menginginkan upaya rehabilitasi dan rekonstruksi dapat dipercepat agar masyarakat yang terkena dampa tsunami tidak berlama-lama tinggal di pengungsian.

Selain itu juga pelayanan umum kepada masyarakat juga bisa segera pulih.

Sementara itu dari perhitungan sementara yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terkait dengan nilai total kerugian dari bencana tsunami mencapai Rp 202 miliar.

Hal itu juga meliputi kerusakan sarana publik dan juga rumah warga serta tempat-tempat kegiatan ekonomi masyarakat.

"Angka ini masih bersifat sementara. Karena kita masih terus melakukan update data. Bisa saja jumlahnya bertambah," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Wahidin Amin usai rapat koordinasi

Pemkab Lamsel Tunggu 57 KK Warga Pesisir Kalianda Pindah ke Huntara

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved