Tribun Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Akui Kesulitan Cari Lahan Untuk Lokasi Huntara Warga Korban Tsunami Selat Sunda

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terus mengupayakan adanya lahan yang bisa digunakan untuk tempat pembangunan hunian sementara (huntara) .

Pemkab Lamsel Akui Kesulitan Cari Lahan Untuk Lokasi Huntara Warga Korban Tsunami Selat Sunda
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Sekretaris Dinas Perkim Lampung Selatan Aflah Efendi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terus mengupayakan adanya lahan yang bisa digunakan untuk tempat pembangunan hunian sementara (huntara) bagi masyarakat di pesisir Kalianda dan Rajabasa serta Pulau Sebesi yang rumahnya hancur diterjang tsunami Selat Sunda, pada 22 Desember 2018 lalu.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lampung Selatan, Aflah Efendi mengatakan, dari data ada sebanyak 537 rumah warga yang rusak parah terkena tsunami dan ini akan dibuatkan huntara.

Pemerintah, kata dia, telah menyiapkan wisma atlet sebagai lokasi huntara dan juga eks hotel 56 di Kalianda.

Pemkab Lampung Selatan Akan Mempercepat Rekontruksi dan Rehabilitasi Daerah Terdampak Tsunami

Pemerintah daerah juga sedang mengupayakan adanya lahan-lahan yang bisa digunakan untuk pembangunan huntara bagi masyarakat pesisir di daerah tempat mereka tinggal.

“Kita terus berkomunikasi dengan pihak kecamatan dan juga desa untuk mencari lahan warga yang bisa dipinjam untuk lokasi huntara,” kata dia kepada Tribun, Rabu (16/1/2019).

Aflah mengatakan, ketersediaan lahan memang menjadi kendala utama dalam upaya pemerintah mempersiapkan huntara.

Karena sejauh ini tidak banyak lahan yang tersedia di lokasi dekat dengan pemukiman warga yang terkena dampak bisa digunakan sebagai lokasi huntara.

Sementara untuk proses pembuatan huntara sendiri, ujarnya, sudah ada beberapa pihak yang menawarkan diri untuk membantu pemerintah menyiapkan dan membangunnya.

“Memang masalahnya pada ketersediaan lahan yang bisa digunakan. Kalau untuk pembuatannya sudah banyak pihak yang siap untuk membantu,” terang Aflah.

Halaman
1234
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved