Tribun Lampung Selatan

Kementerian ESDM Sediakan Instalasi Air Bersih Siap Minum bagi Pengungsi

Kementerian ESDM menyediakan instalasi air bersih siap minum di lokasi pengungsian korban tsunami di Desa Way Muli Timur, Rajabasa, Lamsel.

Kementerian ESDM Sediakan Instalasi Air Bersih Siap Minum bagi Pengungsi
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Kementerian ESDM menyediakan instalasi air bersih siap minum (ABSM) di lokasi pengungsian korban tsunami di Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. 

Kementerian ESDM Sediakan Instalasi Air Bersih Siap Minum bagi Pengungsi

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, RAJABASA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyediakan instalasi air bersih siap minum (ABSM) di lokasi pengungsian korban tsunami di Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

Instalasi air bersih ini menggunakan mesin water treatment.

Fungsi mesin water treatment adalah mengelola air baku menjadi air minum seperti halnya air minum isi ulang.

Sumber air bakunya diambil dari Desa Way Muli Timur.

Warga Korban Tsunami Berharap Bisa Segera Huni Huntara

Dialog 30 Detik dengan Presiden Jokowi yang Bersejarah bagi Warga Pulau Sebesi

“Sumber airnya diambil dari Pamsimas yang ada di Desa Way Muli Timur. Dari instalasi Pamsimas disambungkan ke instalasi water treatment yang dibuat di lokasi pengungsian warga,” ujar Kepala Disperindag dan ESDM Lampung Selatan Qorinilwan, Minggu, 20 Januari 2019.

Qorinilwan menjelaskan, mesin water treatment yang bisa mengubah air baku menjadi air siap minum mulai beroperasi hari ini.

Kementerian ESDM menyediakan instalasi air bersih siap minum (ABSM) di lokasi pengungsian korban tsunami di Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.
Kementerian ESDM menyediakan instalasi air bersih siap minum (ABSM) di lokasi pengungsian korban tsunami di Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. (Tribun Lampung/Dedi Sutomo)

Menurut Qorinilwan, dengan adanya instalasi mesin water treatment bantuan dari Kementerian ESDM tersebut, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih dan minum bagi warga di pengungsian.

“Air yang dihasilkan dari proses mesin water treatment ini bisa langsung diminum, seperti air galon yang dijual di pasaran. Dengan adanya instalasi ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air minum dan air bersih warga yang ada di pengungsian,” kata Qorinilwan.

Qorinilwan menambahkan, untuk menjaga instalasi mesin water treatment di lokasi pengungsian, pihaknya telah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat.

“Kita berharap warga, khususnya yang tinggal di pengungsian, bisa menjaga fasilitas pengelolaan air bersih menjadi air siap minum tersebut,” imbuh Qorinilwan. (*)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved