Tribun Lampung Utara

8.913 Siswa di Lampura Akan Ikuti UNBK ‎Tingkat SMP dan MTs

Sebanyak 8.913 siswa SMP-MTs, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Lampung Utara, akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

8.913 Siswa di Lampura Akan Ikuti UNBK ‎Tingkat SMP dan MTs
Tribunlampung/Anung
Disdikbud Lampura Gelar Sosialisasi dan pelatihan bagi teknisi komputer hadapi UNBK, Senin 21 Januari 2019. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Sebanyak 8.913 siswa SMP-MTs, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Lampung Utara, akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang akan digelar serentak secara nasional.

"Rinciannya 2.373 siswa SMP yang tersebar di 71 sekolah dan 6.540 siswa MTs yang tersebar di 65 sekolah," kata Kasi Pembinaan SMP, Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kabupaten Lampung Utara, Merlyn Sofia, Senin 21 Januari 2019.

Untuk suksesnya pelaksanaan UN tersebut, pihaknya pada hari ini menyiapkan pembekalan simulasi UNBK tahap kedua untuk uji materi kesiapan komputer juga server yang terpasang di sekolah.

"Hari ini penjelasan bagi operator komputer untuk UNBK di Dinas pendidikan," ujarnya seraya mengatakan pelaksanaan UNBK sendiri akan dilakukan pada 22 hingga 26 April 2019. 

BREAKING NEWS - Gilang Ramadhan Siapkan Rp 400 Juta untuk Bayar Fee Proyek Dinas PUPR Lamsel

Menurut dia, sosialisasi yang di lakukan untuk memberikan arahan kepada teknisi komputer mulai dari langkah menyalakan komputer hingga apabila terjadi mati lampu, harus mengikuti prosedur dan harus runut agar tidak menimbulkan risiko kerusakan sistem.

Teknisi bertugas terhadap hal yang bersifat teknis seperti memperbaiki komputer bila terjadi kerusakan saat ujian berlangsung.

"Di setiap sekolah minimal harus ada satu orang teknisi," tukasnya.

BREAKING NEWS - Berawal dari Perbincangan Mobil, Gilang Setor Rp 1,2 Miliar untuk Fee Proyek PUPR

Selanjutnya, sebelum pelaksanaan ujian, teknisi dan proktor bekerjasama menjaga server setelah terkoneksi dengan pusat dan mengunduh soal ujian agar tidak diganggu pihak tertentu karena dikhawatirkan mengganggu sistem.

Dirinya berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat dimengerti serta dipahami oleh seluruh peserta sehingga pelaksanaan UNBK nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Saya berharap seluruh peserta mengikuti dengan benar kegiatan ini, jangan sampai mereka tidak memahami tugas-tugas mereka sebagai proktor dan teknisi," kata Dia mengakhiri.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved