Meski Pancing Pro dan Kontra, Pemprov NTT Tetep Ngotot Tutup Taman Nasional Pulau Komodo Setahun

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berencana akan menutup Taman Nasional Komodo (TNK) selama setahun.

Meski Pancing Pro dan Kontra, Pemprov NTT Tetep Ngotot Tutup Taman Nasional Pulau Komodo Setahun
TWITTER/@VALEYELLOW46
Pebalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi mengunggah foto liburannya di Taman Nasional Komodo, NTT. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berencana akan menutup Taman Nasional Komodo (TNK) selama setahun.

Rencana Pemprov NTT itu pun menuai pro dan kontra pasalnya bila resmi ditutup makan TNK tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Dilansir dari Pos Kupang, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat mempunyai beberapa pertimbangkan.

Beberapa pertimbangan ditutupnya Taman Nasional Komodo (TNK) salah satunya adalah berkurangnya populasi rusa yang menjadi makanan utama hewan purba tersebut.

Komodo
Komodo (discoverykomodoadventure.com)

Oleh karena itu banyak badan komodo yang semakin kecil dan bertambah kurus karena berkurangnya rusa di kawasan Taman Nasional Komodo.

Oleh karena itu, pemerintah akan merencanakan penataan sehingga populasi rusa untuk menjadi makanan komodo bisa bertambah dan komodo di TNK bisa bertahan hidup dan melindungi dari kepunahan.

Penataan Taman Nasional Komodo yang dilakukan oleh pemerintah provinsi NTT tersebut agar Taman Nasional Komodo menjadi lebih baik sehingga habitat komodo menjadi lebih berkembang.

Padang Savana Pulau Gili Lawa Darat di Taman Nasional Komodo Terbakar, Diduga Ulah Pengunjung

Gubernur Provinsi NTT Viktor Laiskodat mengatakan bahwa pemprov sudah menyiapkan Rp 100 miliar untuk menata Taman Nasional Komodo.

Pemprov juga sedang merencanakan akan menjadi taman nasional yang benar-benar menjadi taman, yang artinya makanan di hutan dan lingkungan komodo akan selalu tersedia sehingga komodo akan tetap menjadi liar.

Meskipun menuai pro dan kontra, Viktor Laiskodat mengaku tidak perduli dengan pro dan kontra terkait rencana penutupan Taman Nasional Komodo tersebut.

"Biar orang ribut. Ke depan kita tetap akan tutup untuk kita tata kembali. Memang tempat itu dilindungi kok. Kalau berkunjung ke sana lihat yang lain saja. Banyak tempat di sana yang menarik," jelas Viktor.

Menurutnya, nantinya pengunjung TNK hanyalah orang-orang yang mempersiapkan diri dengan baik.

Komodo yang tidak ganas, lanjut Viktor akan dipindahkan ke Pulau Padar.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Taman Nasional Komodo akan Ditutup Selama Setahun, Gubernur NTT: Kita Tutup untuk Kita Tata Kembali.

Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved