Tribun Lampung Selatan

Pohon Kelapa dan Ketapang Bantu Redam Hantaman Tsunami di Lamsel

Keberadaan pohon kelapa dan ketapang di pesisir pantai Desa Banding (Banding Resort) turut andil dalam menahan derasnya hantaman gelombang tsunami.

Pohon Kelapa dan Ketapang Bantu Redam Hantaman Tsunami di Lamsel
Tribunlampung/Dedi
Pantai Banding Resort 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMSEL – Keberadaan pohon-pohon kelapa dan ketapang di pesisir pantai Desa Banding (Banding Resort) turut andil dalam menahan derasnya hantaman gelombang tsunami pada 22 Desember 2018 lalu.

Meski terhantam gelombang tsunami. Namun kerusakan yang diakibatkannya tidak separah daerah pesisir pantai lainnya di wilayah kecamatan Rajabasa, kabupaten Lampung Selatan.

Padahal menurut Alfian, salah seorang warga setempat ketinggian gelombang tsunami yang menghantam kawasan pesisir Banding (Banding Resort) mencapai 5-6 meter.

“Disini ada bangunan pemecah ombak dan juga masih ada pohon kelapa serta ketapang yang menjadi barrier,” kata dia kepada tribun, Kamis (25/1)

Untuk di sekitar kawasan pantai Banding Resort hanya bagian dapur dan tembok pembatas dengan kawasan pantai yang rusak.

Tetapi di beberapa titik di desa Banding yang cukup dekat dengan pantai, juga ada rumah warga yang rusak parah terkena tsunami.

12 Unit Huntara NU Peduli Tsunami Siap Huni

Bupati Mesuji Khamami Ditangkap KPK

Suasana Polda Lampung Pasca OTT Bupati Mesuji Khamami

“Mungkin kalau tidak ada pemecah ombat dan juga pepohonan, hantaman tsunami akan cukup kuat. Dan mungkin banyak juga rumah yang rusak,” terang Alfian.

Menurut dirinya, keberadaan pohon-pohon kelapa dan juga ketapang turut memberi andil mengurangi dampak terjangan gelombang tsunami lalu. 

Pantai Banding Resort sendiri merupakan sa

Pasca OTT KPK, Rumdis Bupati Mesuji Khamami Dijaga Aparat Kepolisian

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved