Pemilu 2019

Pergantian Sekretaris KPU Daerah Diprotes, KPU Lampung Buka Suara

Menurut Nanang, seluruh pengisian jabatan eselon III (sekretaris KPU kabupaten/kota), bahkan eselon IV (kasubbag), ditetapkan melalui SK Sekjen KPU RI

Pergantian Sekretaris KPU Daerah Diprotes, KPU Lampung Buka Suara
Tribun Lampung/Romi Rinando
Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono 

Pergantian Sekretaris KPU Daerah Diprotes, KPU Lampung Buka Suara

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono buka suara untuk menanggapi protes yang disampaikan sejumlah kalangan terkait pergantian sekretaris KPU di beberapa kabupaten/kota.

“Pertama, seluruh KPU di Indonesia, dasar pengisian jabatan sekretaris provinsi, kabupaten, dan kota tidak bisa lagi dipengaruhi oleh institusi di luar KPU. Semuanya diatur internal oleh sistem KPU yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri (UUD 1945). Tidak bisa lagi kepala daerah atau lembaga-lembaga lain turut mengatur terkait pengisian jabatan ini,” kata Nanang, Selasa, 29 Januari 2019 malam.

Gelar Seleksi Sekretaris Jelang Pemilu, KPU Lampung Menuai Kritik

Menurut Nanang, seluruh pengisian jabatan eselon III (sekretaris KPU kabupaten/kota), bahkan eselon IV (kasubbag), ditetapkan melalui SK Sekjen KPU RI.

“Dulu eselon IV oleh sekretaris KPU Provinsi. Dasarnya adalah Keputusan Sekjen KPU RI Nomor 245/SPM.05.5.Kpt/05/SJ/IV/2018,” ucapnya.

Karena itu, kata dia, sesuai regulasi tersebut, pengisian jabatan sekretaris KPU kabupaten/kota dilaksanakan berdasarkan assessment (penilaian).

“KPU Lampung bulan Oktober-Desember 2018 telah melaksanakan assessment terhadap seluruh staf organik (staf KPU murni) dan staf DPK (dipekerjakan) dari pemda yang sudah pindah alih status menjadi organik KPU sesuai golongan guna pengisian jabatan sekretaris KPU kabupaten/kota. Tentu assessment dilakukan setelah melalui kajian SDM cukup lama dan mendapat persetujuan Sekjen,” jelasnya.

Di Lampung, terus Nanang, ada empat kabupaten/kota yang saat ini sekretarisnya dijabat Plt.

“Maka, dibuka pendaftaran terbuka bagi pengisian empat eselon III tersebut, sebagai kelanjutan proses assessment yang dilakukan tahun lalu. Mereka yang sudah melaksanakan assessment yang bisa mendaftar dalam rekrutmen terbuka. Pada saat ini, waktu pendaftaran masih diperpanjang, karena kuota pendaftarnya belum mencukupi,” ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Beni Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved