Ada 148 Titik e-Warung di Lampung Utara

Mulai Mei mendatang, bantuan beras sejahtera (rastra) diubah menjadi bantuan pangan non tunai (BPNT)

Ada 148 Titik e-Warung di Lampung Utara
Tribun Bangka
e-warung di kecamatan Gabek, Bangka Belitung 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,KOTABUMI - Mulai Mei mendatang, bantuan beras sejahtera (rastra) dari pemerintah pusat akan diubah menjadi bantuan pangan non tunai (BPNT).

Bantuan tersebut tidak lagi berupa beras melaikan uang tunai sebesar Rp 110 ribu per rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM).

Kepala Dinas Sosial Lampung Utara, Muhammad Erwinsyah, mengatakan, penerima bantuan akan menukarkan uang itu dengan beras dan atau telur di e-warung.

E-warung dibentuk di tiap kecamatan. "Di Lampung Utara ada 148 titik e-warung," ujar dia, Rabu (6/2).

Pengelolaan e-warung dilaksanakan kelompok usaha bersama (Kube) yang beranggotakan 10 orang berasal dari rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) BPNT di masing-masing desa.

Jumlah keluarga penerima manfaat, di kabupaten Lampung Utara sebanyak 61.743 kepala keluarga.

BREAKING NEWS - Sebelum Muchlis Adjie Divonis 15 Tahun, Hakim Ngaku Ada Beda Pendapat Tentang Ini

Dia juga menyebutkan pembentukan Kube BPNT, menjadi tanggungjawab tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). "Ini sesuai Pedum (Pedoman Umum) pelaksanaan BPNT,"kata dia.

Erwin menegaskan, kepada jajaran TKSK dalam melaksanakan tugasnya di lapangan harus mengacu pada pedum yang dikeluarkan Kementerian Sosial(Kemensos), sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pendistribusian bantuan pangan ke masyarakat.

"Jangan keluar dari Pedum yang sudah ada, laksanakan tugas sebaik-baiknya. Ini program nasional, jadi tolong harus kita sukseskan di daerah. Harus tepat sasaran seperti harapan bapak bupati yang disampaikannya dalam setiap kesempatan,"pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: anung bayuardi
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved