Tribun Tulangbawang

Tulangbawang Dibantu Rp 1 M Program Pembangunan Pasar Kemendes PDTT

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengucurkan bantuan pembangunan pasar kawasan pedesaan

Tulangbawang Dibantu Rp 1 M Program Pembangunan Pasar Kemendes PDTT
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
Calon Lokasi Pasar - Calon lokasi pasar kawasan pedesaan di Kampung Sumber Agung, Kecamtan Rawapitu yang ditinjau tim Kementerian PDTT 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengucurkan bantuan pembangunan pasar kawasan pedesaan untuk Kabupaten Tulangbawang.

Kawasan yang bakal mendapat bantuan pembangunan pasar berlokasi di Kampung Sumber Agung, Kecamatan Rawapitu. Kabid Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) Tulangbawang, M.Ami Iswandi Ismed Balaw, mengatakan, tim dari Kementerian PDTT telah meninjau lokasi calon penerima bantuan pada Kamis kemarin.

Tinggal di Gubuk Reot, Rais Ingin Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Pemkab Tuba

"Maksud kedatangan mereka untuk pemutakhiran verifikasi akhir Artinya pembangunan pasar dipastikan terwujud," terang Ami, Jumat (8/2). Jika terwujud, keberadaan pasar tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat dan kawasan pedesaan sekitarnya.

"Jadi penerima manfaat pasar tersebut bukan hanya warga Sumber Agung, pedagang dari kampung dari Bandar Aji, Aji Mesir, Wonorejo bisa memanfaatkan slot-slot yang dibangun nanti. Tentunya dengan hasil rembuk dan musyawarah dengan pengurus pasar dan Bumdes," paparnya.

Pembangunan pasar kawasan ditujukan untuk mendorong terwujudnya kawasan pedesaan yang secara ekonomi menjadi kawasan yang produktif dan berdaya saing tinggi.

Pasar kawasan juga membantu penyediaan sarana ekonomi dalam mempermudah akses pasar produk bagi masyarakat yang diharapkan menjadi stimulan bagi tumbuh dan berkembangnya sektor-sektor lainnya.

Bupati Winarti Pastikan 25 Program Pemkab Tuba Berjalan Maksimal di 2019

Keberadaan pasar diharapkan mendorong terciptanya BUMDesa Bersama (Bumdesma) sebagai lembaga ekonomi usaha masyarakat yang partisipatif, kapabel, dan dikelola secara profesional.

Bentuk bantuan adalah pembangunan fisik areal pasar kawasan pedesaan dengan luas 300 meter persegi, dalam bentuk lapak-lapak bagi pedagang, pelaku UKM dan lain-lain di tingkat desa. "Kalau Tulangbawang dapat senilai Rp 1 miliar. Luas kurang lebih 40x15 m2," tandas Ami.

Sebelumnya, terkait pembangunan kampung, Ami Iswandi Ismed Balaw mengatakan, tahun ini Pemkab Tuba juga mengucurkan dana bantuan khusus Rp 60 juta untuk setiap kampung.

Bantuan dana khusus itu nantinya akan direalisasikan untuk tiga kelompok di kampung. Rinciannya, untuk karang taruna Rp 20 juta, kelompok pengajian Rp 20 juta, dan kelompok usaha khusus wanita Rp 20 juta.

Sasaran dari bantuan ini adalah untuk modal usaha ekonomi produktif atau program kreatif mandiri bergerak melayani warga (BMW). (end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved