Tribun Tulangbawang

Malaysia dan Taiwan Tetap Jadi Negara Favorit TKI Tulangbawang

Sampai Januari 2019 jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Tulangbawang bertambah 30 orang

Malaysia dan Taiwan Tetap Jadi Negara Favorit TKI Tulangbawang
IST
ilustrasi tenaga kerja indonesia (TKI)

Malaysia dan Taiwan Tetap  Jadi Negara Favorit TKI Tulangbawang

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Sampai Januari 2019 jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Tulangbawang bertambah 30 orang. Sementara sebelumnya pada 2018 lalu TKI kabupaten tersebut berjumlah 336 orang.

Angka itu menunjukkan minat untuk mengais rezeki di negara luar lebih menjanjikan ketimbang di dalam negeri.

Sementara, dari beberapa negara yang menjadi tujuan TKI untuk bekerja, dua negara di Asia Tenggara masih menjadi favorit TKI asal Tuba.

"Malaysia dan Taiwan masih menjadi negara tujuan favorit TKI asal Kabupaten Tulangbawang sampai Januari 2019," terang Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Disnakertrans Tulangbawang, Andri, Minggu (10/2).

Tulangbawang Dibantu Rp 1 M Program Pembangunan Pasar Kemendes PDTT

Andri menyebut, dua negara itu setiap tahunnya mendatangkan tenaga kerja dari Tulangbawang dengan jumlah ratusan orang. "Dua negara itu masih menjadi tempat favorit bagi TKI asal Tuba yang mengais rezeki ke luar negeri," papar Andri.

Data Disnakertrans Tulangbawang mencatat, pada rentang 2016 hingga November 2018, TKI dari Tulangbawang untuk dua negara ini jumlahnya mencapai ratusan orang.

Bupati Tulangbawang kembali Melantik dan Mengkukuhkan Pejabat dilingkup Pemkab Tulanbawang

Pada tahun 2016 saja, warga Tulangbawang yang pergi ke Taiwan berjumlah 119 orang. Sedangkan yang ke Malaysia berjumlah 86 orang. Sementara pada 2017, warga Tulangbawang yang menuju Malaysia berjumlah 121 orang.

Sedangkan untuk yang ke Taiwan sebanyak 95 orang. Sementara itu tahun 2018 hingga memasuki bulan November TKI asal Tulangbawang yang pergi ke negara Malaysia sudah 128 orang.

Sedangkan untuk tujuan negara Taiwan sebanyak 88 orang. "Selain gaji besar, faktor banyaknya WNI di dua negara ini juga menjadi salah satu daya tarik," tandas Andri. (end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved