SMK Farmasi Cefada Raih Gelar SMK Terbaik Di Lampung Dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

SMK FARMASI CEFADA RAIH GELAR SMK TERBAIK DI LAMPUNG DARI KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMK Farmasi Cefada Raih Gelar SMK Terbaik Di Lampung Dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
rls
Ardiansyah Kahuripan ,Pembina SMK Farmasi Cendikia Farma Husada 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG -  SMK Farmasi Cendikia Farma Husada (CEFADA)  merupakan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Jurusan Farmasi yang berdiri sejak 2010, dikelola oleh Yayasan Cendikia Farma Husada dan dibina oleh Bapak Ardiyansyah Kahuripan, M.Si., Apt,  baru-baru ini mendulang prestasi sebagai SMK Terbaik di Lampung dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Perwakilan Kemendikbud Berikan Penghargaan kepada SMK Farmasi Cendikia Farma Husada
Perwakilan Kemendikbud Berikan Penghargaan kepada SMK Farmasi Cendikia Farma Husada (rls)
Gedung SMK Farmasi Cendikia Farma Husada

Berdasarkan data Puspendik (Pusat Pendidikan) Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan), bahwa sekolah yang anda pimpin dalam 3 tahun terakhir ini meraih peringkat ke-2 UN tertinggi se-Kota Bandar Lampung dan peringkat ke-3 se-Provinsi Lampung

Gedung SMK Farmasi Cendikia Farma Husada yang bernuansa hijau
Gedung SMK Farmasi Cendikia Farma Husada yang bernuansa hijau (rls)

Bagaimana menurut anda selaku pembina?

Saya selaku pembina SMK Farmasi Cendikia Farma Husada mengucap syukur Alhamdulillah bahwa sekolah yang baru berdiri 8 tahun, sudah mampu bersaing bahkan bisa meraih peringkat terbaik se- Provinsi Lampung. Ini merupakan hasil kerja keras dewan guru  dan semangat para siswa dalam mengikuti berbagai tahapan pembinaan pelajaran di sekolah. Prinsipnya terbangun budaya disiplin, konsisten dan pendampingan yang intensif.

Selain UN tertinggi, Penghargaan apa saja yang pernah diraih sekolah anda baik ditingkat Nasional, Kabupaten/Kotamadya dan  Provinsi ?

Alhamdulillah dari 2013 – 2018 sekolah  kami selalu menjadi Juara I atau II Lomba Olimpiade Sains Terapan mata pelajaran Farmasi dan Biologi baik  ditingkat Kota Bandar Lampung dan Provinsi Lampung. Di tingkat Nasional, sekolah kami mampu bersaing dengan sekolah unggulan lainya dan bersyukur bisa masuk 5 besar.
Dan 2015 kami mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional RI  sebagai sekolah berintegeritas tinggi.

Bagaimana kiatnya mempertahankan prestasi yang sudah diperoleh? 

Prinsipnya disiplin dalam melaksanakan program. Metode yang dibangun dengan cara memberikan tenaga pengajar yang berkualitas, sekolah harus memiliki peta potensi siswa, melakukan pendampingan yang intensif dan menyiapkan fasilitas pembelajaran yang audio visual. Kami bersyukur memiliki tenaga pendidik yang kompeten dan sabar mendampingi siswa. Untuk itu di sekolah kami senantiasa  memberikan penghargaan kepada tenaga pendidik yang berhasil membimbing siswa untuk meraih prestasi demikian juga sebaliknya siswa yang berprestasi diberikan beasiswa bebas bayar SPP.

Pendampingan Intensif apa yang anda maksud?
Jika ada siswa yang prestasinya menurun atau semangat belajarnya rendah, maka akan dilakukan kunjungan ke rumah sehingga terbangun komunikasi antara sekolah dengan orangtua. Dengan ini kita memperoleh informasi tentang kendala apa saja yang dihadapi siswa sehingga sekolah dapat memberikan solusi yang bijak agar motivasi siswa dapat terbangun kembali.

Staff pengajar SMK Farmasi Cefada berasal dari lulusan dari mana saja?
Tenaga Pengajar ada 25 orang yang terdiri dari 6 orang Apoteker, 1 orang Magister Farmasi Klinis, 2 orang S2 Magister Teknologi Pendidikan, 2 orang S2 Magister Kesehatan, dan 14 orang S1 Pendidikan/Sains. Mereka sebagaian besar berasal dari lulusan UNPAD, UGM, UI, UNILA dan UII. Tenaga pengajar diterima setelah melalui seleksi secara akademik dan kepribadian sehingga diharapkan bisa memberikan kontribusi yang baik bagi peserta didik.

Lulusan SMK diterima kerja dimana saja?
Slogan Sekolah kami adalah “ Siap Kerja dan Siap Ke Perguruan Tinggi “. Untuk itu kurikulum disusun untuk mencapai slogan tersebut.  Sebagian besar lulusan kami langsung diterima di dunia kerja dan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri seperti Itera, Unila, Unair, Unsri, Unibraw dan Perguruan Tinggi lainnya. Tahun 2018 ada sekitar 10% siswa kami diterima langsung melalui SNMPTN. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir 51,8% lulusan SMK Farmasi Cefada terima di dunia kerja (Apotek 45,4%, RS 2%, Klinik 3,7% dan Puskesmas 0,7%) dan 44,7% melanjutkan ke perguruan tinggi (PTN 9,7% dan PTS 34,9%). Dan Apotek yang paling banyak menerima lulusan SMK Farmasi Cefada adalah Apotek Kimia Farma.

Fasilitas apa saja yang tersedia di sekolah?
Gedung sekolah dibangun dengan konsep go green dan go herbal sehingga kami menyiapkan ruang taman untuk tanaman herbal. Seluruh kelas ber-AC dilengkapi Audio-Visual/LCD Proyektor, tersedia Laboratorium Farmasi dan Kimia, Laboratorium Komputer, perpustakaan, UKS, Kantin Sehat, Apotek Pendidikan, Ruang Bisnis Farmasi, Hot spot area, Ruang OSIS dan kebun herbal.

Selain Kegiatan Belajar mengajar di sekolah, apakah ada kegiatan penunjang lainnya?
Tiap tahun sekolah mengadakan Bakti Sosial untuk masyarakat sekitar  dengan tema  “Bakti Cefada Untuk Negeri “ berupa pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan, pemeriksaan gigi untuk anak-anak dan kegiatan sosial lainnya sehingga diharapkan bisa menumbuhkan jiwa sosial peserta didik. Selain itu, Setiap minggu diadakan kegiatan ESQ (emotional and spiritual quotients) yang merupakan pembinaan religius karena kami sadari bahwa dengan pemahaman agama yang baik maka siswa akan mampu menghadapi pengaruh pergaulan yang negatif.

Bagaimana orang bisa mengetahui lebih jauh informasi tentang sekolah anda?
Ohya kami sampaikan disini bahwa sudah buka pendaftaran gelombang I sampai tanggal 16 Maret 2019 silahkan mendaftar secara on line di http://ppdb.smkfarmasicefada.sch.id. Informasi tentang sekolah bisa kunjungi web site kami  www.smkfarmasicefada.sch.id,  atau datang langsung ke alamat: Jl. P. Enggano No. 99 Kelurahan Sukabumi, Bandar Lampung telepon ke 0721-774471. (rls)

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved