Tribun Tulangbawang

Disdukcapil segera Jemput Bola, 6.878 Warga Tuba Belum Rekam e-KTP

Sebanyak 6.878 penduduk Kabupaten Tulangbawang belum perekaman e-KTP.Sementara, terdapat 245.839 jiwa yang sudah memiliki e-KTP.

Disdukcapil segera Jemput Bola, 6.878 Warga Tuba Belum Rekam e-KTP
Tribun Lampung/Hanif Mustafa
Ilustrasi rekam e-KTP 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Sebanyak 6.878 penduduk Kabupaten Tulangbawang belum perekaman e-KTP.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Yusrizal, dari total jumlah 423.401 penduduk di Tulangbawang, data Disdukcapil pada 28 Januari 2019 mencatat terdapat 245.839 jiwa yang sudah memiliki e-KTP.

Warga Tanjungsari Ramai Buat KTP dan KK di Gerai Disdukcapil

Untuk menyiasati masih banyaknya warga yang belum perekaman, Disdukcapil akan melakukan jemput bola untuk perekaman e-KTP "Kami akan jemput bola, dalam waktu dekat kami akan melaksanakan perekaman ke kampung-kampung," ungkap Yusrizal, Senin (18/2).

Langkah itu bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan yang ada. Disdukcapil juga akan mengajukan pengadaan mobil untuk pelayanan keliling.

"Dengan mobil keliling tentunya mempermudahkan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan dengan cepat tanpa harus datang ke dinas langsung," jelasnya.

Disdukcapil Lampung Tengah Jamin Kepengurusan Surat Kependudukan Gratis dan Hanya 3 Menit. Asal. . !

Ia juga berharap kepada masyarakat Tulangbawang untuk bersama-sama bisa ikut andil menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2019 pada 17 April 2019 mendatang.

"Warga yang belum diharapkan segera melakukan perekaman di wilayah tempat tinggal atau langsung ke kantor disdukcapil setempat," imbau Yusrizal.

Menurutnya, tanpa e-KTP, warga sangat sulit untuk mengurus keperluan dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Contohnya pembuatan rekening di bank, BPJS, atau pengurusan kepemilikan SIM. (end)

Sosialisasi KIA

Disdukcapil Tuba juga menyosialisasikan kegunaan kartu induk anak (KIA) kepada masyarakat. Sosialisasi ini diperlukan untuk mendukung penerapan KIA yang mulai berlalu secara nasional pada tahun ini.

Kabid Data kependudukan Disdukcapil Andi Wantoni, belum lama ini mengatakan, banyak manfaat yang didapat dari kepemilikan KIA. Di antaranya untuk daftar sekolah, buka rekening di bank, pembuatan kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan dokumen imigrasi, atau pengurusan administrasi lainnya.

Menurut Andi, sejauh ini penerapan KIA di Tuba dimungkinkan akan berlaku pada akhir 2019. Alasannya, selain kesiapan perangkat, Disdukcapil juga menunggu kesiapan anggaran pemkab. (end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved