Survei Cyrus Network di Lampung: Prabowo Tegas, Jokowi Merakyat

Cyrus memaparkan, para responden menilai capres nomor urut 1 Joko Widodo sebagai sosok yang merakyat, sedangkan Prabowo adalah sosok yang tegas.

Survei Cyrus Network di Lampung: Prabowo Tegas, Jokowi Merakyat
KOMPAS.com/GARRY LOTLUNG
Pasangan calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo beserta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjabat tangan setelah debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Dalam survei Cyrus Network di Lampung, Prabowo unggul dalam sikap tegas sedangkan Jokowi unggal dalam sikap merakyat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Lembaga survei Cyrus Network merilis hasil survei terbaru Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di wilayah Provinsi Lampung.

Hasilnya, responden masyarakat Lampung memiliki pandangan berbeda mengenai dua pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Polda Lampung Periksa Psikologis Pelaku Incest di Pringsewu

Kecanduan Film Porno, Anak 15 Tahun Perkosa Kakak Kandung 40 Kali Juga Setubuhi Hewan

Chief Executive Officer Cyrus Network Hasan Nasbi memaparkan, para responden menilai capres nomor urut 1 Joko Widodo sebagai sosok yang merakyat, sedangkan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto adalah sosok yang tegas.

"Sebanyak 50,9% masyarakat Lampung menilai Prabowo Subianto tegas, berbanding 38,5% yang menilai Jokowi tegas. Namun, Jokowi unggul 75,8% sebagai sosok sederhana dan merakyat, sedangkan Prabowo 9,5% untuk kategori ini," jelasnya saat merilis hasil survei di Hotel Batiqa, Bandar Lampung, Senin (25/2).

Adapun cawapres, terang Hasan, para responden menilai cawapres nomor urut 1 Ma'ruf Amin mewakili umat muslim. Sementara cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno mewakili kalangan milenial.

Wuling Almaz MIliki Integrated Head Unit Ukuran 10.4 inci

Hasil survei lainnya, beber Hasan, berkaitan dengan elektabilitas (tingkat keterpilihan). Dari survei, papar dia, terungkap bahwa Lampung merupakan lumbung suara Jokowi di Pulau Sumatera.

"Elektabilitas pasangan capres-cawapres, berdasarkan sebaran di 15 kabupaten/kota, yakni Jokowi-Amin 61,5% dan Prabowo-Sandi 30,7%," ungkap Hasan seraya menambahkan, jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 7,8 %. 

Adapun periode survei, kata Hasan 30 januari – 5 Februari 2019. Model survei dilakukan dengan cara tatap muka, interview.

“Kontrol kualitas dilakukan untuk menjaga akurasi dan menjaga realibirasi dan realibilitas data yang diperoleh. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen, dengan margin of error plus minus 2 persen. Responden ceck 30 persen dari total responden, Verifikasi 100 persen data kuesioner terkumpul,”  ujarnya.

Total responden yang disebar sejumlah 2000 orang dengan sebaran proporsional di 15 kabupaten/kota.

Halaman
12
Penulis: Beni Yulianto
Editor: Andi Asmadi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved