Tribun Metro

BLK di Kota Metro Masih Gunakan Peralatan Jadul

Komisi I DPRD Kota Metro menilai fungsi Balai Latihan Kerja (BLK) Banjarsari, Metro Utara, milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) belum optimal

BLK di Kota Metro Masih Gunakan Peralatan Jadul
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
Nasrianto Effendi, Anggota DPRD Metro 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi I DPRD Kota Metro menilai fungsi Balai Latihan Kerja (BLK) Banjarsari, Metro Utara, milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) belum optimal berjalan.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Nasrianto Effendi menilai, adanya BLK sejatinya sangat bermanfaat bagi masyarakat, guna menekan angka pengangguran dan kemiskinan terutama bagi warga Metro.

"Semestinya BLK ini mampu melatih skill masyarakat terutama tamatan SMA yang menganggur. Mereka beda dengan SMK, jadi bisa dilatih untuk meningkatkan skill guna memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan," ujarnya, Minggu (10/3/2019).

Menurutnya, banyak tamatan SMA yang belum siap bekerja, karena belum memiliki skill.

Dengan adanya BLK, maka mereka bisa dilatih sesuai bidang atau potensi masing-masing yang diingini.

"Memang masih banyak sarana maupun prasarana yang ada di BLK belum memadai, bahkan masih terbatas. Hingga hari ini di BLK ini masih mengunakan perlengkapan yang jadul untuk melatih skill," tukasnya.

Ia mencontohkan, seperti otomotif yang terus berkembang.

Karena banyak kendaraan keluaran terbaru sudah matic. Sementara BLK masih mengunakan motor tua alias manual untuk pelatihannya.

Kemudian komputer masih memakai program yang lama, bahkan termasuk mesin jahit yang semestinya sudah mengunakan mesin listrik, di tempat itu masih memakai yang lama.

Artinya, banyak yang harus diperbaiki.

Karena itu, terus Nasrianto, diperlukan dukungan dari Pemprov Lampung untuk meningkatkan sarana dan prasarana maupun fasilitas BLK.

Dengan demikian, fungsi dan keberadaan BLK dapat dirasakan dengan output makismal menciptakan tenaga berskill siap kerja.

(Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved