Public Service

Wanita Menstruasi Bisa Beraktivitas di Masjid?

KEPADA Yth MUI Lampung. Saya mau tanya teman saya lagi dalam masa menstruasi. Apabila dia mau ngaji ke masjid boleh tidak?

Wanita Menstruasi Bisa Beraktivitas di Masjid?
shutterstock
Ilustrasi menstruasi. 

Wanita Menstruasi Bisa Beraktivitas di Masjid?

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth MUI Lampung. Saya mau tanya teman saya lagi dalam masa menstruasi. Apabila dia mau ngaji ke masjid boleh tidak?

Sudah Tau Belum, Begini Posisi Tidur yang Tepat Saat Sedang Menstruasi

Mohon penjelasannya, terima kasih.

Pengirim: +6281269637xxx

Selagi Bisa Menjamin Kebersihan

Perempuan dalam keadaan menstruasi atau haid dikategorikan sebagai orang yang sedang dalam keadaan hadats besar. Menurut madzhab syafi'i orang dalam keadaan hadats besar hukumnya haram masuk ke dalam masjid atau duduk di bagian serambinya.

Hal ini dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu`, juz II, halaman 358. , "Bagi orang haid dan nifas haram hukumnya menyentuh dan membawa mushaf Alquran, dan berdiam di masjid".

Sedangkan menurut madzhab Hanbali orang yang junub (hadats besar) hukumnya boleh masuk ke dalam masjid dengan berwudhu terlebih dahulu.

Perempuan Wajib Tau, Ini 3 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur

Hal ini dijelaskan oleh imam Nawawi Al-Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain fi Irsyadil Mubtadi'in, halaman 34, "Madzhab Imam Ahmad membolehkan orang junub berdiam di masjid hanya dengan berwudhu tanpa darurat sekalipun. Pendapat ini boleh diikuti,"

Menurut hemat kami, orang yang haid selagi bisa menjamin kebersihan masjid tetap bisa beraktivitas, seperti menghadiri majelis taklim, atau mengaji di dalamnya.

Dalam hal ini, kalau mengikuti Madzhab Hanbali, tidak masalah perempuan haid masuk ke dalam masjid, terlebih lagi untuk mendengarkan nasihat-nasihat agama atau mengaji.

KH. MUNAWIR
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved