Public Service

Rayakan Maulid Nabi Akan Mendapat Safaat?

Apakah benar orang yang merayakan Maulid Nabi SAW akan mendapatkan safaat dari Rasulullah?

Rayakan Maulid Nabi Akan Mendapat Safaat?
TribunKaltim.co/Kay
ilustrasi MAULID NABI, Peristiwa mengagumkan menjelang hari lahir Nabi Muhammad SAW. 

Rayakan Maulid Nabi Akan Mendapat Safaat?

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth MUI Lampung. Apakah benar orang yang merayakan Maulid Nabi SAW akan mendapatkan safaat dari Rasulullah? Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285679649xxx

Dapat Pahala

HUKUM memperingati maulid Nabi SAW bukan bid'ah (perbuatan yang haram) akan tetapi merupakan perbuatan yang baik dan pelakunya mendapat pahala. Karena di dalam peringatan Maulid Nabi mengandung unsur ungkapan rasa bersyukur dan bergembira atas diutusnya Nabi Muhammad SAW.

Merayakan Tradisi Weh-wehan di Kendal untuk Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Menurut Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani bergembira dengan adanya Nabi Muhammad SAW ialah dianjurkan berdasarkan firman Allah SWT pada Surat Yunus Ayat 58, "Katakanlah, dengan anugerah Allah dan rahmat-Nya (Nabi Muhammad SAW) hendaklah mereka menyambut dengan senang gembira." (QS.Yunus: 58).

Dalam kitab Fathul Bari karangan Al- Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqolani diceritakan bahwa Abu Lahab mendapatkan keringanan siksa tiap hari Senin karena dia gembira atas kelahiran Rasulullah.

Ustaz Maulana Jadi Magnet Ribuan Jamaah Hadiri Maulid Nabi di Katibung

Ini membuktikan bahwa bergembira dengan kelahiran Rasulullah memberikan manfaat yang sangat besar, bahkan orang kafir pun dapat merasakannya. [Ibnu hajar, Fathul Bari, Juz 11, hal 431]

Dengan demikian orang yang merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW akan mendapat pahala dan mendapat safaat dari Nabi Muhammad SAW, seperti Abu Lahab mendapatkan keringanan siksa tiap hari Senin karena dia gembira atas kelahiran Rasulullah.

KH. MUNAWIR
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved