Tribun Tanggamus

Wakil Bupati Hi AM Syafi'i Buka Musrenbang RKPD Tahun 2020

Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD)

Wakil Bupati  Hi  AM  Syafi'i Buka Musrenbang RKPD Tahun 2020
Rls/kominfo
Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2019, di Aula Islamic Center Kotaagung, Selasa (12/3/19). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2019, di Aula Islamic Center Kotaagung, Selasa (12/3/19).

Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2019, di Aula Islamic Center Kotaagung, Selasa (12/3/19).
Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2019, di Aula Islamic Center Kotaagung, Selasa (12/3/19). (Rls/kominfo)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Ekobang Setdaprov Lampung Taufik Hidayat, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kapolres Tanggamus AKBP. Hesmu Baroto, Kajari Tanggamus David Palapa Duarsa, Kasdim 0424 Mayor Inf. Syuhada Erwin, Kepala Pengadilan Negeri Ardhi Wijayanto, Ketua Pengadilan Agama Asrori, Kalapas Kota Agung Sohibur Rachman, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafii, Ketua Dekranasda Nuraini Hamid Lubis, para Asisten Sekdakab, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD serta Camat dilingkungan Pemkab Tanggamus.

Perdaya Rekan Kerja, Pria Tanggamus Ini Gasak Motor, Uang, dan Ponsel

Dalam Laporan Plt. Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Yadi Mulyadi, menyampaikan bahwa Musrenbang tersebut dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 mendatang.

"Rancangan RKPD yang telah dibahas merupakan rangkaian dari Forum Musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten. Untuk tingkat pekon dilaksanakan bulan Januari, tingkat kecamatan bulan Februari, lalu Forum Gabungan Perangkat Daerah dan puncaknya Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten," katanya.

9 Pejabat Ikut Seleksi Lelang Jabatan Sekda Tanggamus

Yadi melanjutkan kebijakan operasional Pemkab Tanggamus untuk kelanjutan pembangunan tahun 2020, yakni melanjutkan program- program pembangunan yang sudah baik dan sudah selesai, untuk dimanfaatkan dan direplikasi keberbagai daerah, serta menuntaskan program-program pembangunan yang sudah baik dan sudah dilaksanakan namun belum selesai untuk dapat segera dimanfaatkan. 

"Kemudian menyusun program-program baru yang bersifat terobosan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan pembangunan yang perlu segera dilaksanakan bersama stake holder dengan dukungan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," pungkasnya.

Klended Ditemukan Tewas di Persawahan di Daerah Semaka Tanggamus, Tak Ditemukan Ada Tanda Kekerasan!

Sementara Wakil Bupati dalam sambutannya mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengatakan, bahwa rangkaian Forum Musrenbang yang dilaksanalan mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan tingkat Kabupaten ini, disusun berpedoman pada RPJMD, memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan mengacu pada sasaran pembangunan nasional yang telah dicanangkan melalui 9 Agenda Prioritas Pembangunan atau Nawa Cita yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019.

Wabup melanjutkan, Forum Musrenbang mempunyai nilai strategis karena melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan. "Membahas rancangan awal RKPD Tahun 2020 akan dapat mempertajam capaian sasaran program prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran pembangunan nasional, kebutuhan dan aspirasi masyarakat berdasarkan kondisi riil, kemampuan dan karakteristik daerah," katanya.

"Selain itu dalam rangka peningkatan pelayanan dasar masyarakat, program dan kegiatan pembangunan daerah yang dirumuskan dalam rancangan RKPD Tahun 2020, harus disesuaikan dengan kewenangan pemerintah daerah dalam upaya tercapainya Standar Pelayanan Minimal," tandasnya.

Adapun Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat yang menyampaikan sambutan Gubernur Lampung, mengatakan Musrenbang 2019 ini melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan, yaitu dengan menjaring seluruh aspirasi masyarakat.

Meskipun Musrenbang direncanakan setiap tahun, namun diharapkan tidak terjebak dalam aktifitas yang sekedar memenuhi kewajiban proses perencanaan, akan tetapi juga harus mampu memanfaatkan ini dengan mendengarkan kebutuhan masyarakat dan stakeholder pembangunan sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. 

"Untuk itu saya mengingatkan agar pola pandang kita bersama, bahwa tujuan pembangunan nasional termasuk didalamnya tujuan sasaran pembangunan diperlukan kontribusi dari pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga desa dan Kelurahan. Koordinasi, sinergi, partisipasi dan kontribusi antar jenjang pemerintah menjadi kunci keberhasilan kita bersama," jelasnya.

Pembukaan Musrenbang sendiri dilakukan dengan pemukulan gong, dengan didampingi Asisten Setdaprov dan Forkopimda Kabupaten Tanggamus.

Selanjutnya dilakukan juga penandatanganan berita acara Musrenbang.

Selain itu terdapat pula agenda Pemilihan Putri Otonomi Daerah, Musrenbang Expo dan diskusi. Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 12 s/d 14 Maret 2019, dengan melibatkan seluruh OPD, Kecamatan dan seluruh Pemangku Kepentingan. (Rls/Kominfo)

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved