Public Service

Penyebab Remaja Rentan Pergaulan Bebas

faktor apa yang menyebabkan remaja rentan dengan pergaulan yang tidak sehat, dan bagaimana solusinya.

Penyebab Remaja Rentan Pergaulan Bebas
NET
Ilustrasi remaja 

Penyebab Remaja Rentan Pergaulan Bebas

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth Psikolog. Saya mau tanya faktor apa yang menyebabkan remaja rentan dengan pergaulan yang tidak sehat, dan bagaimana solusinya. Terimakasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6281279644xxx

Faktor Psikologis dan Sosial

SAAT usia remaja idealnya mereka sudah mampu berpikir logis tentang konsekuensi dari tindakan yang diambil. Namun dalam kenyataannya banyak sekali remaja yang rentan dengan pergaulan yang tidak sehat.

Remaja Nongkrong di Jl Teluk Ambon Meresahkan

Faktor yang memiliki kontribusi remaja menyelesaikan persoalan adalah faktor biologis, psikologis dan sosial. Faktor biologis didapat dari keturunan dan perubahan hormonal pada usia remaja.

Faktor psikologis misalnya kepribadian remaja ketika menyelesaikan masalah bisa dengan cara positif atau justru negatif. Sementara faktor sosial biasanya muncul dari lingkungan sekitarnya misalnya keluarga, teman sebaya, kondisi negara, budaya sehingga remaja berespon dengan masalah yang ada.

Pembentukan kepribadian seseorang biasanya dimulai dari bayi, anak, remaja sampai dewasa. Faktor yang berkaitan dengan masa kecil seorang anak sangat mempengaruhi struktur kepribadiannya.

Dilan 1991 Tayang Perdana, XXI Mal Boemi Kedaton Diserbu Remaja

Misalnya bagaimana orangtua memperlakuannya, pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, peran guru dan teman sebayanya serta orang lain yang banyak mempengaruhi kehidupannya sehingga dukungan yang sifatnya positif sangat berperan dalam pembentukan pribadi anak.

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved