Tribun Metro

Pemerintah Pusat Akan Serahkan Rusunawa Iringmulyo Tahun Ini

Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Metro menyatakan, penyerahan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Iringmulyo

Pemerintah Pusat Akan Serahkan Rusunawa Iringmulyo Tahun Ini
Tribun Lampung/Indra Simanjuntak
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Metro Edwin Soni 

Pemerintah Pusat Akan Serahkan Rusunawa Iringmulyo Tahun Ini

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Metro menyatakan, penyerahan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Iringmulyo direncanakan tahun ini.

"Kemungkinan penyerahan dari pusat kepada Pemkot Metro akan dilakukan seusai Pemilu April ini. Infonya dari Kementerian habis Pilpres ini," ujar Kepala DPKP Edwin Soni, Selasa (19/3).

Pengelolaan Masih 50 Persen, Pemkot Diminta Seriusi Rusunawa Iringmulyo

Dijelaskannya, kontribusi Rusunawa Iringmulyo terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Metro adalah retribusi yang sudah masuk ke kas daerah. Adapun kas daerah pada 2018 silam masuk sebesar Rp 126.300.000.

Edwin menilai, sepinya hunian karena beberapa syarat yang tidak bisa dipenuhi. Jika persyaratan untuk menyewa rusunawa tidak harus warga Kota Metro, kemungkinan yang mengisi akan bertambah.

Bulan Depan Pemkot Metro Kelola Rusunawa Iringmulyo 

"Syaratnya ya itu. Harus warga Metro, KTP Metro, dan sudah berkeluarga, serta berpenghasilan rendah. Kalau persyaratannya dikurangi sedikit, misalkan harus berdomisili di Metro meskipun bukan warga Metro, kemungkinan bisa penuh," imbuhnya.

Namun demikian, pihaknya tetap mengikuti aturan. Berdasarkan laporan terakhir, sudah 74 persen yang terisi. Rusunawa Iringmulyo dibangun melalui dana APBN sebesar Rp 29 miliar. Adapun harga sewa mulai dari Rp 125 ribu hingga Rp 200 ribu per bulan.

Rusunawa Iringmulyo sendiri terdiri dari dua tower gedung. Tiap gedung terdiri dari lima lantai dengan jumlah total 196 kamar. Adapun luas kamar 24 meter persegi, dengan satu kamar tidur, kamar mandi, pantri, dan balkon di tiap kamar. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved