Tribun Tulangbawang

Rutan Menggala Gandeng Diskes Sosialisasi Bahaya TBC

Rutan Klas ll B Menggala menyosialisasikan bahaya penyakit Tuberculosis (TBC) kepada warga binaan, Selasa (19/3).

Rutan Menggala Gandeng Diskes Sosialisasi Bahaya TBC
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
BAHAYA TBC - Menyambut hari TBC sedunia tahun 2019 Rutan Klas ll B Menggala menyosialisasikan bahaya penyakit Tuberculosis (TBC) kepada warga binaan, Selasa (19/3). 

Rutan Menggala Gandeng Diskes Sosialisasi Bahaya TBC

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Rumah Tahanan (Rutan) Klas ll B Menggala menyosialisasikan bahaya penyakit Tuberculosis (TBC) kepada warga binaan, Selasa (19/3).

Sosialisasi yang menggandeng Dinas Kesehatan Tulangbawang itu dalam rangka menyambut hari TBC sedunia tahun 2019 dan melaksanakan aktualisasi pelayanan publik (public service).

Kepala Rutan Wawan Iriawan mengatakan, sosialisasi itu menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan No. PM.01.01/1/207/2019 tanggal 23 Januari 2019.

Diskes Dapati 1 Penderita TBC di Lapas Kota Agung

Surat tersebut berisi permohonan fasilitasi penemuan terduga TBC di lapas atau rutan dalam rangka hari TBC sedunia tahun 2019.

"Prioritas utama kita dalam sosialisasi adalah imbauan kepada warga binaan agar menjaga pola hidup sehat tentang bahaya TBC, dan cara menanggulangi TBC," kata Wawan, seusai sosialisasi.

Itu dilakukan untuk menekan jumlah penyebaran penyakit TBC, terutama bagi warga yang sedang menjalani proses hukuman.

Ada 747 Penderita TBC, Diskes Beri Pengobatan Gratis Enam Bulan

Sejauh ini, Wawan memastikan, belum ada warga binaan di Rutan Menggala yang terkena TBC atau HIV AIDS

"Dulu iya, pernah ada tapi kita pindahkan ke LP Kotabumi agar dia dapat mendapatkan perawatan lebih intensif di sana," ujar Wawan.

Wawan mengaku, untuk memastikan warga binaan tetap dalam kondisi sehat., pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait untuk pemeriksaan kesehatan.

Dia mengimbau warga binaan agar tidak malu untuk malapor dan berobat ketika terjangkit TBC.

"Kita lakukan pemeriksaan rutin, setiap satu minggu sekali bagi warga binaan. Supaya kondisi mereka juga tetap sehat meski sedang menjalani proses hukuman," tandasnya. (endra zulkarnain)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved