Hotel Radison Gunakan Pasokan CNG dari PGN untuk Operasional

Hotel Radison Gunakan Pasokan Compressed Natural Gas dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) untuk Operasional Kitchen, Boiler dan Laundry.

Hotel Radison Gunakan Pasokan CNG dari PGN untuk Operasional
Istimewa
Grand opening Gas-In dan dimulainya kerjasama antara Hotel Radison dan PT Gagas Energi Indonesia (PGN) pada Rabu (20/3/2019) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) makin memperluas pemanfaatan gas bumi dalam bentuk Compressed Natural Gas (CNG). Salah satunya Hotel Radison, Bandar Lampung yang kini memanfaatkan CNG untuk bahan bakar memasak serta boiler laundry.

“Gaslink sendiri merupakan gas bumi yang dikompres sedemikian rupa hingga menjadi Compressed Natural Gas (CNG) yang kemudian didistibusikan menggunakan kendaraan untuk diantar langsung ke pelanggan-pelanggan.” Kata Area Head PT Gagas Energi Indonesia, Yanuar Triaji Baskara pada Rabu (20/3/2019).

Jajaran managemen PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan Manajemen Hotel Radison saat menghadiri Grand opening Gas-In pada pada Rabu (20/3/2019)
Jajaran managemen PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan Manajemen Hotel Radison saat menghadiri Grand opening Gas-In pada pada Rabu (20/3/2019) (Istimewa)

Aji mengatakan melalui PT Gagas Energi Indonesia, Gaslink hadir untuk menjangkau daerah-daerah yang belum dijangkau oleh gas pipa sehingga para pelaku usaha seperti industri menengah, hotel dan restoran dapat menikmati keuntungan gas bumi yang bersih, efisien dan ramah lingkungan tanpa harus menunggu pembangunan pipa gas.

Beliau juga mengatakan, untuk Provinsi Lampung PT Gagas Energi Indonesia menyediakan kuota mencapai 400.000 m³ per bulan dimana sekitar 150.000 m³ telah tersupplay untuk berbagai sektor industri dan komersial yang ada di Lampung.

Aji menyampaikan bahwa saat ini PT Gagas Energi Indonesia semakin agresif menawarkan CNG ke masyarakat terutama sektor industri di Provinsi Lampung yang belum terbangun jaringan pipa gas bumi.

Peninjauan dan uji coba penggunaan CNG untuk opersional kitchen di Hotel Radison pada Rabu (20/3/2019)
Peninjauan dan uji coba penggunaan CNG untuk opersional kitchen di Hotel Radison pada Rabu (20/3/2019) (Istimewa)

“Diharapkan semakin meningkat penggunaan energi gas bumi yang efisien dan bersih serta aman menggantikan bahan bakar lainnya yang banyak dinikmati masyarakat seperti penggunaan kayu bakar dan batu bara.” Ungkap Aji.

Dalam kesempatan yang sama Aji menjabarkan bahwa selain penyediaan gas bumi dalam bentuk CNG (Compress Natural Gas) bagi sektor jasa industri, komersial, PT Gagas energi Indonesia juga memiliki produk lainnya.

Produk lain dari Gagas energi adalah Niaga CNG transportasiyang  mendukung program pemerintah mengkonversi penggunaan BBM (Bahan Bakar Minyak) ke BBG (Bahan Bakar Gas) dimana Gagas saat ini telah mengoperasikan beberapa SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas) dan MRU (Mobile Refueling Unit).

“PT Gagas Energi Indonesia memberikan pelayanan yang professional serta handal kepada pelanggan, untuk berkontribusi di segala aspek perencanaan dan pemanfaatan dari gas alam. PT. Gagas Energi Indonesia memberikan solusi terbaik untuk penggunaan gas.” Kata Aji

Hotel radison manfaatkan CNG dari PGN untuk berbagai operasional salah satunya adalah boiler, Rabu (20/3/2019)
Hotel radison manfaatkan CNG dari PGN untuk berbagai operasional salah satunya adalah boiler, Rabu (20/3/2019) (Istimewa)

Adi Kurniawal Mechanical Electrical Chandra Group Lampung mengatakan bahwa Kitchen, boiler serta laundry Hotel Radison memanfaatkan CNG karena berbagai keuntungan diantaranya: lebih aman dan merupakan anjuran dari konsultan pembangunan Hotel Radison, Lebih bersih, praktis dan mudah digunakan.

“Kelebihan lain pemanfaatan CNG untuk operasional Hotel Radison adalah Presure gas lebih cepat naik dan mudah disesuaikan tanpa harus merubah pipa disamping api lebih cepat biru karena menggunakan gas alam sehingga diperhitungkan dapat mengefisienkan penggunaan sumber daya mencapai 20-30 %. “ ungkap Adi.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan peninjauan uji coba penggunaan Gas di Hotel Radison yang sekaligus menandai Grand opening Gas-In dan dimulainya kerjasama antara kedua belah pihak setelah serangkaian  persiapan serta pemasangan instalasi yang dilakukan dalam 2-3 bulan.

“Tidak menutup kemungkinan dimasa yang akan datang kerja sama ini akan meluas dan diperguanakan sebagai supplay energi pada operasional Mall Boemi Kedaton maupun berbagai sektor industri dan komersil Chandra Grup.” Tambah Adi.

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved