Tribun Lampung Selatan

Sumber DAK, Tahun Ini Pemkab Bangun Dua Pasar

Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan mendapatkan DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk pembangunan pasar tradisional

Sumber DAK, Tahun Ini Pemkab Bangun Dua Pasar
Tribunlampung/Dini
Ilustrasi 

Sumber DAK, Tahun Ini Pemkab Bangun Dua Pasar

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan mendapatkan DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk pembangunan pasar tradisional dari Kementerian Perdagangan.

Rencananya DAK untuk pembangunan pasar ini diperuntukkan bagi pembangunan pasar pemda di Desa Rawaselapan, Kecamatan Candipuro dan di Desa Wawasan, Kecamatan Tanjungsari.

"Ada 2 pasar milik pemda. Pasar Raraselapan dan pasar Wawasan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Qorinilwan, Minggu (24/3).

Ini Syarat Jadi PNS Kementerian Perdagangan

Dia melanjutkan, Pemkab Lamsel saat ini juga sedang mengusulkan ke pemerintah pusat untuk pembangunan pasar di Way Muli di Kecamatan Rajabasa, yang terkena dampak tsunami selat Sunda 22 Desember 2018 lalu.

Tetapi untuk pasar Way Muli ini, ujarnya, masih bersifat usulkn.Untuk pembangunan pasar ini juga membutuhkan lahan yang cukup luas minimal 2.500 meter persegi.

"Tapi ini masih bersifat usulan. Itu kalau disetujui pemerintah pusat. Untuk usulan sendiri sudah kita sampaikan ke Kementerian Perdagangan," terang dirinya.

Kementerian Perdagangan Gulirkan Resi Gudang

Sedangkan untuk bidang perindustrian, lanjut Qorinilwan, pada tahun 2019 ini pihaknya akan mendapatkan 2 orang tenaga pendamping untuk pengembangan usaha kreatif/kecil dan menengah.

Tenaga pendamping ini merupakan tenaga kontrak dari Kementerian Perindustrian. Dua tenaga pendamping ini lulusan sekolah tinggi teknik tekstil Bogor dan sekolah tinggi teknik perkulitan Yogyakarta.

Tenaga kontrak pendampingan ini nantinya akan memberikan pendampingan bagi para pelaku usaha kreatif sesuai dengan potensi yang ada di Lampung Selatan.(ded)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved